Keefektifan Problem-Based Learning Berbantuan Komik Matematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Rasa Ingin Tahu Siswa

Main Article Content

Eki Firda Fadella
Sugiarto Sugiarto
Ardhi Prabowo

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan Problem-Based Learning berbantuan komik matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah dan rasa ingin tahu siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Semarang tahun ajaran 2016/2017 pada materi perbandingan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design dengan bentuk Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Semarang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Siswa di kelas eksperimen diajarkan menggunakan Problem-Based Learning berbantuan komik matematika, sedangkan siswa kelas kontrol diajarkan menggunakan Problem-Based Learning tanpa bantuan komik matematika.


Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan dokumentasi. Analisis kemampuan pemecahan masalah menggunakan uji proporsi dan uji t, sedangkan analisis sikap rasa ingin tahu menggunakan uji proporsi dan uji Mann-Whitney U-Test. Hasil analisis data akhir menunjukkan bahwa bahwa: (1) kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen mencapai ketuntasan klasikal, (2) rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, (3) sikap rasa ingin tahu kelas eksperimen mencapai kategori baik secara klasikal, dan (4) sikap rasa ingin tahu kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol.


Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa Problem-Based Learning berbantuan komik matematika efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah dan rasa ingin tahu siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Semarang tahun ajaran 2016/2017 pada materi perbandingan.

Article Details

How to Cite
Fadella, E. F., Sugiarto, S., & Prabowo, A. (2018). Keefektifan Problem-Based Learning Berbantuan Komik Matematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Rasa Ingin Tahu Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 77-86. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/19573
Section
Articles

References

Arends, R. 2007. Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar (7th ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Cho, H., & Lawrence, D. G. 2012. Using of Comic to increase interest and motivation. In 12 th International Congress on Mathematical Education .
Eggen, P & Kauchak, D. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: PT Indeks.
Gene, Y. 2008. Graphic Novels in the Classroom. Language Arts 85(3), 185-192.
Halimun, J. M. 2011. A Qualitative Study of the Use of Content-Related Comics to Promote Student Participation in Mathematical Discourse in a Math I Support Class. Dissertations, Theses and Capstone Projects. Paper 471: Kennesaw State University.
Harlen, W. 1985. Teaching ang Learning Primary Science. London: Harper & Row Ltd.
Hulme, E., D.T. Green, & K.S. Ladd. 2013. Fostering Student Engagement by Cultivating Curiosity. New Directions for Student Service,143, (3-64).
McCloud, S. 2002. Understanding Comics. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 SMP/MTs.
Periantalo, J. 2015. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Polya, G. 1973. How to Solve it (2th ed). New Jersey: Princeton University Press.
Reio Jr, T. G., Petrosko, J. M., Wiswell, A. K., & Thongsukmag, J. 2006. The measurement and conceptualization of curiosity. The Journal of Genetic Psychology 167(2), 117-135.
Rifa’i, A & C.T. Anni. 2012. Psikologi Pendidikan. Semarang: Pusat Pengembangan MKU/MKDK-LP3 Universitas Negeri Semarang.
Setiawan, D., Waluya, St. B., & Mashuri. 2014. Keefektifan PBL Berbasis Nilai Karakter Berbantuan CD Pembelajaran terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Segiempat Kelas VII. Unnes Journal of Mathematics Education 3(1), 15-20.
Suherman, E. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Wahyudi & Budiono, I. 2012. Pemecahan Masalah Matematika. Salatiga: Widya Sari Salatiga.
Wurianto, E. 2009. Komik sebagai Media Pembelajaran. (Online). (www.guruindo.blogspot.com, diakses 10 Agustus 2016).