Meningkatkan Kemampuan Operasi Dasar Aljabar Kelas X Melalui PBL Berpendekatan Algebraic Reasoning
Main Article Content
Abstract
Pada pembelajaran matematika, siswa banyak mempunyai kendala dalam belajar aljabar sebagai peralihan dari berpikir aritmatik ke berpikir aljabar. Atas dasar tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning (PBL) berpendekatan Algebraic Thinking sebagai solusi alternatif dalam meningkatkan kemampuan operasi dasar aljabar. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek Penelitian adalah 36 siswa kelas X Busana 3 SMK N 6 Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Instrumen pengambilan data meliputi lembar tes kemampuan operasi dasar aljabar, lembar observasi, wawancara, dan rubrik penilaian. Analisis data meliputi penyederhanaan data dan deskripsi data. Materi yang terlibat adalah konsep nilai mutlak dan sistem persamaan linier dua variabel. Indikator Penelitian (i) rataan nilai kemampuan operasi dasar aljabar minimal 75, (2) persentase kemampuan operasi dasar aljabar tuntas secara klasikal (minimal 75%). Hasil penelitian menunjukan: (1) penerapan PBL siklus 1 berpendekatan Algebraic Thinking, rata-rata nilai kemampuan dasar aljabar 69,2 dan ketuntasan kelas secara klasikal mencapai 72,2% (2) kemampuan operasi dasar aljabar siswa belum mencapai indikator penelitian. Penelitian masih dilanjutkan ke siklus 2.
Article Details
References
Herutomo, A.R. & Tri Edi, M. S.. 2014. Analisis Kesalahan dan Miskonsepsi Siswa Kelas VIII pada Materi Aljabar. (Online). (http://ejournal.sps.u¬pi.edu/-index.php/edusentris/article/viewFile/140/110, diakses 08 Agustus 2017).
Jacobs, V. R., Franke, M. L., Carpenter, T. P., Linda, L., & Battey, D. 2007. Professional Development Focused on Children’s Algebraic Reasoning in Elementary School. (Online). (http://homepages.math.uic.edu/~martinez/¬PD-EarlyAlgebra.pdf, diunduh 08 Agustus 2017).
Kemdikbud. 2013. Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sd-Ditjen Dikdas.
Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Arora, A. 2012. TIMSS 2011 International Results in Mathematics. Chestnut Hill: TIMSS & PIRLS International Study Center. Tersedia di https://timssandpirls.bc.edu/timss-2011/downloads/T11_IR_Mathematics_FullBook.pdf, diunduh 08 Agustus 2017.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. US: NCTM.
Sutama. 2011. Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Praktek dalam PTK, PTS, dan PTBK. Surakarta: Surya Offset.