Pemanfaatan ICT dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika
Main Article Content
Abstract
Hasil studi PISA tahun 2015 menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematika peserta didik di Indonesia masih rendah, yaitu berada pada posisi 64 dari 72 negara. Hal ini perlu menjadi perhatian, karena meskipun telah dilakukan pengembangan kurikulum oleh pemerintah dan tercatat sejak tahun 2000 – 2017 telah berganti sebanyak tiga kali, namun kenyataannya belum banyak perubahan yang dicapai, khususnya pada kemampuan literasi matematis peserta didik. Rendahnya kemampuan literasi matematis peserta didik dipengaruhi oleh rendahnya kualitas pembelajaran matematika. Pembelajaran dengan memanfaatkan ICT (Informastion and communication technologies) sebagai media sangat penting karena dilihat dari segi pengajaran maupun materi, keduanya mempengaruhi hasil dan minat peserta didik dalam belajar. ICT juga dapat membantu guru dalam menjelaskan materi-materi matematika yang bersifat abstrak sehingga mudah dipahami oleh siswa. Hasil dari beberapa penelitian menyatakan bahwa penggunaan ICT dalam pembelajaran matematika memberikan dampak positif terhadap kemampuan penalaran, komunikasi matematis, pemecahan masalah, dan koneksi matematis, dimana kemampuan-kemampuan tesebut termasuk ke dalam lima kompetensi pada literasi matematis. Sehingga secara tidak langsung, penggunaan ICT dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan literasi matematis peserta didik.
Article Details
References
Diyarko, D. 2017. ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI METAKOGNISI DALAM PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN LEMBAR KERJA MANDIRI MAILING MERGE. Unnes Journal of Mathematics Education Research 5(1), 70-80.
Farina, Fitria Dwi. 2015. Pembelajaran Geometri Van Hiele Berbantuan Cabri Geometry II Untuk Meningkatkan Koneksi Matematis: Penelitian Eksperimen Terhadap Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 26 Bandung. Seminar Nasional Matematika Pendidikan Matematika UNY. Yogyakarta
Fathani, Abdul Halim. 2016. “Pengembangan Literasi Matematika Sekolah dalam Perspektif Multiple Intelligentâ€. Jurnal EduSains 4(2).
Mahdiansyah, M., & Rahmawati, R. 2014. Literasi Matematika Siswa Pendidikan Menengah: Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional dengan Konteks Indonesia 1. Literasi Matematika Siswa Pendidikan Menengah: Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional dengan Konteks Indonesia 1 20(4), 452-469.
Maryanti. Era.2012. Peningkatan Literasi Matematika Peserta Didik Melalui Pendekatan Metacognitive Guidance.(Tesis). Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung
Muhlisin. 2013. Keefektifan Pembelajaran Model TPS Berbantuan Geometer’s Sketchpad Pada Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Segitiga Kelas VII. (Skripsi). Universitas Negeri Semarang. Semarang
Murtiyasa, Budi. 2015. Tantangan Pembelajaran Matematika di Era Global. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UMS. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta
Murtiyasa, Budi. 2016. Isu-Isu Kunci dan Tren Penelitian Pendidikan Matematika. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP I). Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta
Permendiknas RI No 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. (Online). (http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id, diakses tanggal 28 Oktober 2017).
Ronau, R.N., Rakes, C.R., Bush, S.B., Driskell, S.O., Niess, M.L., & Pugalee, D.K. 2014. A survey of mathematics education technology dissertation scopeand quality 1968 – 2009. American Educational Research Journal 51(5).
Saragih, Sahat & Afriati, Vira.2012. Peningkatan Pemahaman Konsep Grafik Fungsi Trigonometri SIswa SMK Melalui Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Autograph. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 18(4).
Setiawan, H., Dafik & Lestari, N.D.S. 2014. Soal Matematika dalam PISA Kaitannya dengan Literasi Matematika dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. In Prosiding Seminar Nasional Matematika. Universitas Jember. Jember
Supriadi, N., Kusumah, Y.S., Sabandar, Jozua., & Afgani, J.D. 2014. Developing High Order Mathematical Thinking Competency on High School Students’ Trough GeoGebra-Assisted Blended Learning. Mathematical Theory and Modeling, 57-66
Suryadi, K. 2007. Framework of measuring key performance indicators for decision support in higher education institution. Journal of Applied Sciences Research 3(12), 1689-1695.
UNESCO. 2014. Literacy for All. (Online). (http://en.unesco.org/themes/literacy-all. diakses 23 Oktober 2017).
World Education Forum. 2015. Education 2030: Towards inclusive and equitable quality education and life long learning for all. Paris: Unesco.