Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Kemandirian Siswa Kelas VIII melalui Pembelajaran Model PBL Pendekatan Saintifik Berbantuan Fun Pict

Main Article Content

Oppie Andara Early
Endang Retno Winarti
Supriyono Supriyono

Abstract

Pada pembelajaran matematika materi bangun ruang sisi datar, kemampuan berpikir kritis matematis dan kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Brebes belum optimal. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut yakni pembelajaran menggunakan model PBL pendekatan saintifik berbantuan fun pict. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji ketuntasan klasikal kemampuan berpikir kritis matematis siswa, (2) menguji perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, (3) menguji pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa, dan (4) mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis siswa ditinjau dari kemandirian belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif didukung wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Brebes. Metode yang digunakan adalah tes, angket dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelompok eksperimen mencapai ketuntasan klasikal, (2) kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelompok eksperimen lebih baik dari kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelompok kontrol, (3) kemandirian belajar siswa kelompok eksperimen berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis, (4) siswa dengan kemandirian belajar tinggi menguasai semua indikator pada tahapan berpikir kritis, siswa dengan kemandirian belajar sedang hanya menguasai indikator pada tahap klarifikasi dan penyimpulan, siswa dengan kemandirian belajar rendah hanya mampu menguasai indikator pada tahap klarifikasi.

Article Details

How to Cite
Early, O. A., Winarti, E. R., & Supriyono, S. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Kemandirian Siswa Kelas VIII melalui Pembelajaran Model PBL Pendekatan Saintifik Berbantuan Fun Pict. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 388-399. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/19609
Section
Articles

References

Akinoglu, O., Ruhan, O. T. 2007. The Effect of Problem-Based Active Learning in Science Education on Students’s Academic Achievement, Attitude and Concept Learning. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education 3(1), 71-81.
Arends, R. I. 2008. Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar Edisi Ketujuh Buku Dua. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dewi, N. R. 2014. Developing Test of High Order Mathematical Thinking Ability in Integral Calculus Subject. International Journal of Education and Research 12(2), 101-108.
Egok, A. S. 2016. Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar 2(7), 185-198.
Elia, I., & George, P. 2004. The Function of Pictures in Problem Solving. In Proceedings of the 28th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education. University of Cyprus.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Isti, N.A., Agoestanto, A., Kurniasih, A.W. 2017. Analisis Tahap Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII dalam Setting PBL dan Scaffolding untuk Menyelesaikan Masalah Matematika. Unnes Journal of Mathematics Education 6(1), 52-62.
Jumaisyaroh, T., Napitupulu, E. E., & Hasratuddin. 2015. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP melalui Pembelajran Berbasis Masalah. AdMathEdu 5(1), 87-106.
Kemendiknas. 2011. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemendiknas Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
Kurniasih, A. W. 2012. Scaffolding sebagai Alternatif Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Jurnal Kreano 2(3), 113-124.
Puspendik. 2015. Hasil Ujian Nasioanal Tahun Ajaran 2015/2016. Tersedia di http://118.98.234.50/lhun/daya_serap.aspx,diunduh pada 19 januari 2017.
Radford, J., Bosanquet, P., Webster, R., & Blatchford, P. 2014. Scaffolding learning for independence: Clarifying teacher and teaching assistant roles for children with special educational needs. Learning and Instruction 36(1), 1-10.
Rifa’i, A., & Anni, C. T. 2012. Psikologi Pendidikan. Semarang: UPT UNNES PRESS.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suherman, E., Turmudi, Suryadi, D., Herman, T., Suhendra, Prabawanto, S., Nurjanah, & Rohayati, A. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: FMIPA UPI.