ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA BERDASARKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kualitas pembelajaran dengan kooperatif tipe group Investigation secara kualitatif dan kuantitatif; (2) mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa berdasarkan kecerdasan emosional siswa.. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian mixed method desain concurrent embedded design, dengan penelitian kaulitatif sebagai metode primer. Populasi penelitiannya adalah siswa kelas X MIPA SMA Negeri 2 Semarang. Data kuantitatif diuji dengan uji ketuntasan individual dan uji ketuntasan klasikal, uji beda rata-rata, dan uji beda peningkatan. Data kualitatif dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation berkualitas baik secara kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan pengamatan, tes literasi matematika, dan wawancara. Analisis data berdasarkan 7 komponen literasi matematika, yaitu (1) komunikasi; (2) matematisasi; (3) representasi; (4) penalaran dan argumentasi; (5) merencanakan strategi; (6) menggunakan bahasa simbol, bahasa formal, bahasa teknis dan operasi hitung; dan (7) menggunakan alat matematika. Hasil penelitian adalah (1) pembelajaran berkualitas baik (2) Siswa termasuk kelompok kecerdasan emosional kategori tinggi sangat baik pada komponen 2, 4, 5, dan 7, baik pada komponen 1, 3, dan 6. Siswa termasuk kelompok kecerdasan emosional kategori sedang, sangat baik pada komponen 5, 6, dan 7, baik pada komponen 2, 3, dan 4. Dan pada komponen 1 katogori cukup. Siswa kelompok kecerdasan emosional kategori rendah, sangat baik pada komponen 6 , baik pada komponen 3, 5, dan 7, cukup pada komponen 1, 2, dan 4.
Article Details
References
Arends, R.I. 2008. Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar. Edisi Ketujuh. Buku Dua. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Baker, C. K. & Galanti, T. M. 2017. Integrating STEM in elementary classrooms using model eliciting activities: responsive professional develoment for mathematics coaches and teachers. International Journal of STEM Education, (2017) 4:10. DOI 10.1186/s40594-017-0066-3.
Budiono, C.S. dan Wardono. 2014. PBM Berorientasi PISA Berpendekatan PMRI Bermedia LKPD Meningkatkan Literasi Matematika Siswa SMP. Unnes Journal of Mathematics Education. 3(3) : 210 – 219.
BNSP. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BNSP.
Effendi, M. 2013. Integritas Pembelajaran ctive Learning dan Internet-Based Learning dalam Meningkatkan Keaktifan dan Kerativitas Belajar. Jurnal Pendidikan Islam, 7 (2).
Goleman, D. (1997). Emotional intelligence. (Terjemahan T Hermaya). New York: Scientific American, Inc.
Kurniasih, A.W. & Wardono. 2015. Peningkatan Literasi Matematika Mahasiswa Melalui Pembelajaran Inovatif Realistik E-learning Edmodo Bermuatan Karakter Cerdas Kreatif Mandiri. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif.6(1) : 93 – 100.
Mas, S. R. 2008. Profesionalitas Guru dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal INOVASI, 5(2):1-10.
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.
OECD. 2012. Programme for International Student Assessment (PISA) 2012 Result in Focus–What 15-years-old know and what they can do with what they know.
OECD. 2016. PISA 2015 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematic and Financial Literacy. PISA. OECD Publishing, Paris. http://dx.doi.org/10.1787/9789264255425-en.
Prawira, P. A. 2011. Psikologi Pendidikan Dalam Perspektif Baru. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.
Pulungan, D.A. 2014, “Pengembangan Instrumen Tes Literasi Matematika Model PISA.†Journal of Education Research and Evaluation. 3(2): 74 – 78.
Ratih, P. D. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Hasil Belajar. Unnes Science Education Journal, 1 ( 2 ) ( 2012 ).
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.
Wardono, & Mariani, S. 2014. The Realistic Learning Model With Character Education and PISA Assessment to Improve Mathematics Literacy. International Journal of Education and Research, 2(7):361-372.