Analisis Kemampuan Literasi Matematika pada Pembelajaran PBL Pendekatan RME Berbantuan Schoology Siswa SMP
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi matematika siswa dengan pembelajaran PBL pendekatan RME berbantuan Schoology (PBL-RME- S) dapat mencapai ketuntasan klasikal atau tidak, mengetahui kemampuan literasi matematika siswa dengan pembelajaran PBL-RME-S lebih baik atau sebaliknya bila dibandingan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, mengetahui peningkatan literasi matematika pada siswa dengan pembelajaran PBL-RME-S lebih tinggi atau tidak dibandingkan siswa dengan pembelajaran konvensional, dan mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa dengan pembelajaran PBL-RME-S. Desain penelitian ini adalah Metode Kombinasi model Concurrent Embedded dengan subjek penelitian siswa SMP N 2 Purwokerto kelas VII H dan VII I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang dikenai pembelajaran PBL pendekatan RME berbantuan Schoology telah mencapai ketuntasan klasikal, kemampuan literasi matematika siswa yang diberi perlakuan lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, peningkatan kemampuan literasi matematika siswa yang diberi perlakuan lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan literasi matematika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Terdapat peningkatan tujuh komponen literasi matematika pada setiap kelompok siswa dengan model PBL pendekatan RME berbantuan Schoology.
Article Details
References
Arikunto, S. 2012. DasarÂdasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Asikin, M. & Junaedi, I. 2013. Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP dalam Setting Pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education). UJMER, 2(1), 204-213.
Basori. 2013. Pemanfaatan Social Learning Network Schoology dalam Membantu Perkuliahan Teori Bodi Otomotif di Prodi PTM JPTK FKIP UNS. JIPTEK, 6(21), 99-105.
Beaton, A. E. 1996. Mathematics Achievement in The Middle School Years: IEA’s Third International Mathematics and Science Study (TIMSS). Boston: TIMSS International Study Center.
Becker, J. & Selter, C. 1996. Elementary school practices. In: A. Bishop, K. Clement, C. Keitel, K. Kilpatrick, & Collette Laborde (Ed.), International Handbook of Mathematics Education (pp. 511-564). Netherlands: Kluwer.
Budiono, CS. & Wardono. 2014. PBM Berorientasi PISA Berpendekatan PMRI Bermedia LKPD Meningkatkan Literasi Matematika Siswa SMP. UJME, 3(3), 211-219.
Creswell, J. W. 2004. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Efendi, E. & Zhaung, H. 2005. Elearning Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: ANDI.
Gravemeijer, K. 1994. Educational Development and Developmental Research in Mathematics Education. Journal for Research in Mathematics Education, 25(5), 443-471.
Gravemeijer, K. (1997). Mediating between concrete and abstract, in T. Nunes & P. Bryant (Ed.), Learning and Teaching Mathematics: An International Perspective (pp. 315–343). United Kingdom: Lawrence Erlbaum.
Hake, R.R. 1998. Interactive-Engagement Methods versus Traditional Methods: A Six-Thousand Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses. American Journal of Physics Education Research, 66(1), 64-74.
Indrayasa, K., Agung, A.A., & Mahadewi, L.P.P. 2015. Pengembangan E- Learning Dengan Schoology Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Siswa Kelas X Semester I Tahun Pelajaran 2014/2015 Di SMA N 4 Singaraja. eJournal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1):13-20.
Kusuma, B. J., Wardono, & Winarti, E. R. 2016. Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII pada Pembelajaran Realistik Berbantuan Edmodo. UJME, 5(3), 200-206.
Luaran, J. E. 2012. Effective Web 2.0 Tools for the Classroom Part 3. Shah Alam: University Teknologi MARA.
Mahdiansyah & Rahmawati. 2014. Literasi Matematika Siswa Pendidikan Menengah: Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional dengan Konteks Indonesia 1. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(4), 452-469.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Putra, S. R. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: DIVA Press.
Ramadhani, M. 2013. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran EÂlearning Berbasis Web Pada Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas X SMA Negeri 1 Kalasan. (Doctoral Dissertation). Jurusan Pendidikan Teknik Informatika, UNY. Yogyakarta
Rohman, N., Mardiyana, & Triyanto. 2013. Eksperimentasi Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik dan Problem Based Learning Pada Operasi Bilangan Bulat Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Pembelajaran Matematika, 1(2): 153-166.
Romberg, T. & de Lange, J. 1998. Mathematics in Context. Chicago: Britannica Mathematics System.
Sicat, A. S. 2015. Enhancing College Students’ Proficiency in Business Writing Via Schoology. International Journal of Education and Research, 3(1), 159-178.
Sindu, I G. P., Santyasa, I W., & Warpala, I W. S. 2013. Pengaruh Model E-Learning Berbasis Masalah dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar KKPI Siswa Kelas X di SMK Negeri 2 Singaraja. e Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1) : 1-10.
Streefland, L. 1991. Fractions in Realistic Mathematics Education: A Paradigm of Developmental Research. Dordrecht: Kluwer Academic Publisher.
Sockalingam, N. 2010. Characteristics of Problems in Problem Based Learning. Singapore: Ultra Supplies.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Wardono, M. Si, Scolastika Mariani, and M. Si. 2014. The Realistic Learning Model with Character Education and PISA Assessment to Improve Mathematics Literacy. International Journal of Education and Research, 2(7), 361-372.
Wardono, Waluya, S. B., Mariani, S. & Candra, S. 2016. Mathematics Literacy on Problem Based Learning with Indonesian Realistic Mathematics Education Approach Assisted E- Learning Edmodo. Journal of Physics: Conference Series, 693(1), 1-10.
Warsito, M. B. & Djuniadi, D. 2016. Pengembangan E-Learning Berbasis Schoology pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Unissula, 4(1), 91-99.
Wulandari, B. & Sujono, H. D. 2013. Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 178-191.