Analisis Kompetensi Mahasiswa S1 FMIPA Melalui Pengembangan Model Evaluasi Berwawasan Konservasi Inovatif Tes Komprehensif Online
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi mahasiswa S1 FMIPA Universitas Negeri Semarang dalam keluasan wawasan dan kemampuan akademik mahasiswa pada materi substansi dari Program Studi yang bersangkutan melalui hasil tes komprehensif online periode 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik dokumentasi hasil tes komprehensif online, wawancara, observasi, dan angket respon mahasiswa. Kompetensi mahasiswa S1 FMIPA Universitas Negeri Semarang pada periode 2016/2017 dari 8 (delapan) Program Studi dilihat pada rata-rata hasil tes komprehensif mengalami peningkatan, sedangkan 1 (satu) Program Studi mengalami penurunan. Peningkatan kompetensi ini menunjukkan model evaluasi berwawasan konservasi inovatif tes komprehensif online efektif dalam memotivasi mahasiswa dalam belajar. Mahasiswa yang memenuhi kompetensi pada materi substansi dari Program Studi pada gelombang I sebanyak 14,26%, pada gelombang II sebanyak 57,69%, dan pada gelombang III sebanyak 85,77%.
Article Details
References
Bungin, Burhan H.M, 2007. Penelitian Kualitatif : Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan. Publik, dan Ilmu social lainnya. Jakarta : Kencana Prenama Media Group
Depdiknas. 2008. Pengolahan dan Analisis Data Penelitian. Jakarta: Dirjen PMPTK Depdiknas
Junus Melalatoa. 2000. Teknik Penelitian Kualitatif dalam Ilmu-Ilmu Sosial, Makalah Pelatihan Metode Kualitatif. Jakarta: Pusat Penelitian Kemasyarakatan, Pendidikan, dan Budaya Lembaga Penelitian UI.
Miles, Matthew B. dan Huberman, A. Michael. 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UI Press
Spencer Jr., L. M., Spencer, S. 1993. Competence at Work Models for Superior Performance. John Wiley & Sons, Inc., New York.
Spradley, James P. 1979. Participant Observation. New York: Holt, Richard & Winston.
Sugiyanto, Suprapedi, Himawan, H. 2009. Penentuan kompetensi mahasiswa berdasarkan prestasi akademik, sertifikasi kompetensi, minat, dan kegiatan pendukung. Jurnal Teknologi Informasi, 5(2), 766-774.
Utami, AD., Auliyah, R., Herawati, N. 2011. Bagaimanakah penafsiran ujian komprehensif menurut civitas akademik universitas trunojoyo?. Jurnal InFestasi, 7(1), 64 – 75.