Spesifikasi Literasi Siswa Berdasarkan Kemampuan Penalaran Adaptif pada Discovery Learning Berpendekatan Saintifik Berbantuan Media
Main Article Content
Abstract
Permasalahan pada pembelajaran matematika materi limit fungsi aljabar adalah siswa mempunyai kebiasaan menunggu bimbingan guru dan mengalami kesulitan menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan permasalahan sehari-hari. Dengan demikian, daya literasi khususnya saat siswa menalar adaptif kurang, sehingga perlu upaya untuk meningkatkannya, diantaranya dengan menggunakan model dan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui model discovery learning berpendekatan saintifik berbantuan index card dan worksheet dalam meningkatkan rata-rata kemampuan penalaran adaptif siswa. Selain itu, penelitian ini ditujukan untuk mengetahui perbedaan rata-rata kemampuan penalaran adaptif siswa menggunakan model discovery learning berpendekatan saintifik berbantuan index card dan worksheet serta siswa menggunakan pendekatan saintifik dengan pembelajaran kooperatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMA N 1 Ungaran Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 250 siswa yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Terpilih tiga kelompok sampel yaitu kelas X MIPA 2 sebagai kelompok eksperimen 1, kelas X MIPA 1 sebagai kelompok eksperimen 2, dan kelas X MIPA 3 sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan metode observasi. Analisis data menggunakan uji gain dan uji one way anova. Diperoleh hasil bahwa penerapan model discovery learning berpendekatan saintifik berbantuan index card dan worksheet dapat meningkatkan rata-rata kemampuan penalaran adaptif siswa serta rata-rata kemampuan penalaran adaptif siswa kelas X SMA N 1 Ungaran menggunakan model discovery learning berpendekatan saintifik berbantuan worksheet lebih dari rata-rata kemampuan penalaran adaptif siswa kelas X SMA N 1 Ungaran menggunakan model discovery learning dengan pendekatan saintifik berbantuan index card dan pendekatan saintifik dengan pembelajaran kooperatif.
Article Details
References
Balim, Ali Gunay. 2009. The Effect of Discovery Learning on Students’ Success and Inquiry Learning Skills. Eurasian Journal of Educational Research 35(16), 1-20. Tersedia di wiki.astrowish.net, diakses 14 Januari 2015.
Darmawijaya, S. 2002. “Matematika dan Manusia (Kehidupan dan Perkembangan Kebudayaan Manusia)â€. Makalah Orasi Ilmiah. Peringatan Dies Natalis ke- 47 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Gajah Mada. 19 September 2002. Yogyakarta.
Busssemaker, M., Shannan M., & Duncan Wild. 2011. Using Worksheets and the Internet to Improve Student Learning Outcomes. Teaching and Learning Forum 2011. Australia: The University of Western Australia. Tersedia di www.researchgate.net/.../260925576_Using_worksheets_and_..., diakses 6 Februari 2015.
Groves, Susie. 2012. Developing Mathematical Proficiency. Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia 35(2), 119-145. Tersedia di http://search.ebscohost.com, diakses 29 Mei 2015.
Isaac, Stephen & William B. Michael. 1981. Handbook in Research and Evaluation. California: EdITS publishers.
Joolingen, Van Wouter. 1999. Cognitive Tools for Discovery Learning. International Journal of Artificial Intelligence in Education 10(3), 385-397. Tersedia di citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download, diakses 14 Januari 2015.
Joyce, B., Marsha W., & Emily Calhoun. 2011. Models of Teaching Eight Edition. Traslated by Fawaid, Ahmad & Ateilla Mirza. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kemendikbud. 2013a. Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA). Jakarta; Kemendikbud.
____________. 2013b. Pemendikbud RI No 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Kilpatrick, Jeremy, & Jane Swafford. 2001. Adding It Up Helping Children Learn Mathematics. Washington DC: National Academiy Press.
Riyadi. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Mastery Learning dan Index Card Match dengan menggunakan Modul dengan Strategi Pembelajaran Modelling The Way terhadap Hasil Belajar Siswa pada Faktorisasi Suku Aljabar Kelas VII SMP N 22 Semarang. (Skripsi). Universitas PGRI Semarang. Semarang.
Silberman, Mel. 2009. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Translated by Sarjuli, Adzfar Ammar, Sutrisno, Zainal Arifin Ahmad, & Muqowim. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Suharti, Atiyah. 2013. Improvement of Power Mathematical in Learning Math through Learning Model Combined. International Journal of Science and Technology 2(8) 576-582. Tersedia di http://search.ebscohost.com, diakses 29 Mei 2015.
Sundstrom, Ted. 2014. Mathematical Reasoning Writing and Proof. California: Department of Mathematics Grand Valley State University.
Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosadakarya.
Tang, Guoqing & Aaron Titus. 2003. Promoting Active Learning in Calculus and General Physics trough Interactive and Media -Enhanced Lectures. Journal of Mathematics, Physics, and Chemistry Departments at North Carolina A&T State University 2(1), 49-56. Tersedia di www.iiisci.org/journal/CV$/-sci/pdfs/P977741.pdf, diakses 14 Januari 2015.
Usman, Moh. Uzer. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.