Menumbuhkan Kemampuan Kognitif Dimensi Konseptual dalam Perkuliahan Geometri pada Jurusan Matematika FMIPA Unnes

Main Article Content

Suhito Suhito

Abstract

Kemampuan kognitif dimensi konseptual, merupakan dasar untuk mengembangkan dimensi pengetahuan pada level yang lebih tinggi. Berdasarkan pengamatan dan hasil pre test diperoleh rata-rata kemampuan kognitif dimensi konseptual pada perkuliahan geometri, sangat rendah. Kemampuan kognitif p yang diperoleh sebagian besar mahasiswa, masih berada pada dimensi factual. Salah satu penyebab yang patut diduga adalah terjadinya kesalahan yang mendasar pada pembelajaran geometri di sekolah. Kajian ini mencoba untuk mengidentifikasi jenis kesalahan mendasar pada pembelajaran geometri di sekolah, mengulas arti penting perolehan kemampuan dimensi kognitif, dan selanjutnya menawarkan upaya mengatasi kesalahan mendasar tersebut dengan mengimplementasikan teori-teori belajar konsep yang relevan. Dengan mengkonsentrasikan aktifitas belajar mahasiswa pada indikator belajar konsep, dapat berpotensi menghasilkan perolehan rata-rata kemampuan kognitif dimensi konseptual dapat meningkat sehinga berada pada kualifikasi baik.

Article Details

How to Cite
Suhito, S. (2018). Menumbuhkan Kemampuan Kognitif Dimensi Konseptual dalam Perkuliahan Geometri pada Jurusan Matematika FMIPA Unnes. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 464-470. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/20133
Section
Articles

References

Bell, F. H. 1981. Teaching and Learning Mathematics, Iowa: Wm. C. Brown Company Publishers
Clemens, T. R., Odaffer, P. G. & Cooney, T. J. 1984. Geometry with applications and problem solving. California: Addison-Wesley Publising Company.k
Hvidsten, M. 2005. Geometry With Geometry Explorer, New York: Mc Graw-Hill Companies, Inc.
Prenowitz, W. & Jordan, M. 1965. Basic Consepts of Geometry. London: Blaisdell Publising Company.
Suparno, P. 2005. Miskonsepsi & Perubahan Konsep Pendidikan Fisika. Jakarta: PT.Grasindo.
Suwarto. 2010. Dimensi Pengetahuan dan Dimensi Proses Kognitif dalam Pendidikan. Jurnal Widyatama 19(1), 76–91.