Menggali Etnomatematika: Matematika sebagai Produk Budaya

Main Article Content

Zaenuri Zaenuri
Nurkaromah Dwidayanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali etnomatematika: matematika sebagai produk budaya. Penelitian dilakukan di Kota Semarang dengan cara mengobservasi berbagai produk budaya yang memiliki relasi dengan konsep-konsep matematika. Untuk menggali informasi lebih dalam dilakukan wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan, berbagai bangunan cagar budaya maupun noncagar budaya, seperti Masjid Agung Jawa Tengah, Gereja Blenduk, wihara Sam Poo Kong, Lawang Sewu, dan Tugu Muda sarat dengan etnomatematika, terkait dengan berbagai konsep matematika, seperti bangun datar, bangun ruang, himpunan, simetri, statistika, aritmetika sosial, bahkan trigonometri.

Article Details

How to Cite
Zaenuri, Z., & Dwidayanti, N. (2018). Menggali Etnomatematika: Matematika sebagai Produk Budaya. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 471-476. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/20136
Section
Articles

References

Arends, R. I. 2008. Learning to Teach Buku Satu. Edisi Ketujuh. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Athar. 2012. Pengembangan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Berbasis Budaya Cerita Rakyat Melayu Riau. (Disertasi). Univerisitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Bishop, J.A. 1991. The Simbolic Technology Calet Mathematics its Role in Education. Bullatin De La Societe Mathematique, De Belgique, T, XLIII
Bishop, A.J. 1994. Cultural Conflicts in Mathematics Education: Developing a Research Agenda. For the Learning Mathematics 14(2).
Gerdes, P. 1994. Reflection on Ethnomatematics. For the Learning of Mathematiccs 14(2), 19-21.
Gie, T.L. 1999. Filsafat Matematika. Yogyakarta: Yayasan Studi Ilmu dan Teknologi.
Heuvel & Panhuizen. 1996. Assessment and Realistic Mathematics Education. Utrecht: Freudenthal Institute.
Hiebert, J. & Carpenter, T.P. 1992. Learning with understading. Dalam D.G. Grouws (Ed), Handbook of Research on Mathematics Reaching and Learning. New York: Macmillan.
Knijnik, G. 1994. Ethno-Mathematical Approach in Mathematical Education: a Matter of Political Power. For the Learning Mathematics 14(1).