Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematika dan Kerja Sama Siswa SMAN 4 Semarang Melalui Model

Main Article Content

Eka Lestari
Budi Waluya
B Siswanto

Abstract

Berdasarkan observasi dan wawancara di SMA Negeri 4 Semarang khususnya X MIPA 7 menunjukkan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal grafik fungsi logaritma. Pada materi ini, kemampuan representasi matematika siswa masih rendah seperti menggambarkan daerah hasil penyelesaian dari suatu grafik fungsi logaritma dan menuliskan apa yang diketahui dari sketsa grafik. Hal ini dikarenakan kurangnya kemampuan representasi matematika dan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Guru juga merasa tingkat kerja sama antar siswa masih rendah. Salah satu model pembelajaran yang diharapkan dapat mengatasi permasalahan dalam matematika yaitu Learning Cycle 5E. Atas dasar tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Learning Cycle 5E sebagai solusi alternatif memecahkan masalah pada situasi tersebut. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek Penelitian adalah 36 siswa kelas X MIPA 7 SMA Negeri 4 Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Teknik tes yang digunakan peneliti berupa tes uraian dan angket. Teknik non tes berupa pengamatan terhadap aktivitas siswa dan kinerja guru. Analisis data meliputi penyederhanaan data dan deskripsi data. Materi yang terlibat adalah grafik fungsi logaritma dan karakteristinya. Indikator Penelitian (1) hasil tes pada akhir siklus sebanyak 75% siswa mencapai KKM, (2) rata-rata kelas dari nilai kemampuan representasi matematik mencapai skor 70, (3) kategori sikap kerja sama mencapai kategori tinggi.

Article Details

How to Cite
Lestari, E., Waluya, B., & Siswanto, B. (2018). Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematika dan Kerja Sama Siswa SMAN 4 Semarang Melalui Model. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 582-587. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/20197
Section
Articles

References

Ekayanti, I. G. A. L, et al., 2014. Impementasi Pembelajaran Learning Cycle untuk Meningkatkan Hasil belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 5 Baler Bale agung Jembrana Tahun Pelajaran 2012/2013. e-Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1): 86. Tersedia di http://ejournal.undik¬sha.ac.id/-index.php/JJPGSD/article/download/4340/3346 [diakses 08-06-2017]
Fuad, N. M. 2016. Representasi Matematis Siswa SMA dalam Memecahkan Persamaan Kuadrat ditinjau dar Perbedaan gender. KREANO Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2): 146. Tersedia di http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v7i2.5854 [diakses 08-06-2017]
Rochmad. 2017. Buku Ajar Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: FMIPA UNNES.
Sabirin, M. 2014. Representasi dalam Pembelajaran Matematika. JPM IAIN Antasari, 1(2): 34. Tersedia di http://download.portalgaruda.org/article.php?ar-ticle=183173&val=6339&title=Representasi%20dalam%20Pembelajaran%20Matematika [diakses 09-06-2017]
Wardono & Scolastika Mariani. 2014. The Ralistic Learning Model With Character Education And PISA Assessment To Improve Mathematics Literacy. International Journal of Education and Research, 2(7): 363. Tersedia di http://www.ijern.com/journal/July-2014/30.pdf [diakses 10-06-2017]