Meningkatkan Keterampilan Menggunakan Simbol Matematika Siswa Kelas VIII melalui Model Discovery Learning Berbantuan LKS

Main Article Content

Suryaning Fajar Sari
Nur Karomah Dwidayati
Sri Handayani

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengkaji dan mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran Discovery Learningberbantuan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dalam meningkatkan keterampilan menggunakan simbol matematika siswa kelas VIII SMPN 9 Semarang.Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Subyek penelitian pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII I SMPN 9 Semarang yang berjumlah 31 siswa.Pelaksanaan tindakan kelas dilaksanakan selama dua siklus dan remedial teaching.Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan tes.Teknik analisis data yang digunakan adalah metode alur yang terdiri dari reduksi data, pemaparan dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dikatakan berhasil jika tercapai indikator keberhasilan yaitu tercapainya ketuntasan individu dengan kriteria ketuntasan ≥ 73 dan tercapainya ketuntasan klasikal ≥ 85%. Hasil siklus I diperoleh rata-rata keterampilan menggunakan simbol matematika siswa sebesar 73 dengan ketuntasan klasikal sebesar 50%, sementara pada siklus II diperoleh rata-rata keterampilan menggunakan simbol matematika siswa sebesar 75,58 dengan ketuntasan klasikal sebesar 67,74% dan menunjukan belum tercapai indikator yang diharapkan dalam penelitian ini. Materi pada kompetensi dasar ini telah selesai sehingga penelitian tidak dapat dilanjutkan ke siklus berikutnya. Penelitian dilanjutkan dengan remedialteaching dan diperoleh rata-rata keterampilan menggunakan simbol matematika siswa sebesar 83,33 dengan ketuntasan klasikal sebesar 93,55% tercapai indikator yang diharapkan dalam penelitian ini. Model pembelajaran Discovery Learningberbantuan LKS dapat meningkatkan keterampilan menggunakan simbol matematika siswa.

Article Details

How to Cite
Sari, S. F., Dwidayati, N. K., & Handayani, S. (2018). Meningkatkan Keterampilan Menggunakan Simbol Matematika Siswa Kelas VIII melalui Model Discovery Learning Berbantuan LKS. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 596-600. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/20199
Section
Articles

References

Rochmad. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: FMIPA Unnes