Profil Kemampuan Matematis Siswa SLB di Jawa Tengah Berdasarkan Hasil Ujian Nasional Matematika

Main Article Content

Sugiman Sugiman
Hardi Suyitno
Mulyono Mulyono

Abstract

Profil Kemampuan Matematis Siswa SLB di Jawa Tengah Berdasarkan Hasil Ujian Nasional Matematika Sugiman, Hardi Suyitno, Mulyono


Jurusan Matematika FMIPA, UNNES, Kota Semarang


[email protected]


 


Abstrak


Pada dasarnya Anak Penyandang Disabilitas (APD) memiliki kebutuhan yang sama dengan anak pada umumnya. Di lain pihak, karena keterbatasannya, maka diperlukan suatu cara oleh guru agar  daya serap  APD dapat ditingkatkan. Permasalahannya: Bagaimana profil kemampuan siswa SLB di bidang matematika? Tujuannya: Ingin mengungkap profil kemampuan siswa SLB di bidang matematika dengan tolok ukur hasil Ujian Nasional. Kegiatan penelitiannya berupa studi dokumentasi, wawancara, dan observasi di SLB. Metode penelitiannya menggunakan pendekatan kualitatif yang analisis datanya meliputi: (1) reduksi data; (2) pemaparan data; (3) interpretasi data; (4) penarikan kesimpulan. Hasilnya: Dari 40 butir soal yang dipakai sebagai acuan primer dalam penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa siswa SMP di Jawa Tengah termasuk didalamnya APD,  ada 28 dari 40 butir soal,  yang  skor matematikanya lebih rendah dari rata-rata skor nasional. Sarannya: Perlu ditambah alat peraga matemematika dan diperlukan model pembelajaran yang cocok untuk SLB sehingga pelajaran matematika menjadi menyenangkan (joyful learning) dan efektif.

Article Details

How to Cite
Sugiman, S., Suyitno, H., & Mulyono, M. (2018). Profil Kemampuan Matematis Siswa SLB di Jawa Tengah Berdasarkan Hasil Ujian Nasional Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 647-655. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/20212
Section
Articles

References

Conklin, Hilary G. 2014. Toward More Joyful Learning: Integrating Play Into Frameworks of Middle Grades Teaching. American Educational Research Journal. December 2014, Vol. 51, No. 6, pp. 1227–1255. DOI: 10.3102/0002831214549451. http://aerj.aera.net
Cunningham, Christopher. 2015. Imagination: Active in Teaching and Learning. A Thesis - Presented to the Faculty of the Graduate College of the University of Nebraska in iterjemahkan oleh Rohidi Jakarta. Universitas Indonesia Press
Miles, Matthew B, dan A. Michael Hubermen. 1992. Diterjemahkan oleh Tjetjep Rohendi
Rohidi. Analisis Data Kualitatif . Jakarta: Universitas Indonesia.
Moleong, j. Lexy. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya,
Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 1991 tentang Pendidikan Luar Biasa.
Permendiknas Nomor 33 Tahun 2008 tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk SDLB, SMPLB, dan SMALB.
Permendiknas Nomor 70 Tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusif bagi Siswa yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa (CI-BI).
Rahardja, Djadja. 2006. Pengantar Pendidikan Luar Biasa. CRICED.
Rudiyati, S. 2002. Pendidikan Anak Tunanetra. Yogyakarta: Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Yogyakarta
Slameto. 2003. Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Undang-undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas
Wei C.W et al. 2011. A Joyful Classroom Learning System with Robot Learning Companion for Children to Learn Mathematics Multiplication. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology – April 2011, volume 10 Issue 2.