Model Discovery Learning Bernuansa Hypnoteaching untuk Meningkatkan Kemampuan Mathematical Reasoning dan Rasa Ingin Tahu Siswa
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan mathematical reasong atau penalaran matematis dan rasa ingin tahu siswa kelas X MIPA SMA Negeri 4 Semarang dengan Model Pembelajaran Discovery Learning bernuansa Hypnoteaching pada materi eksponen dan logaritma. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri atas dua siklus dimana tiap siklus dua kali pertemuan yang melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi aktivitas guru dan siswa, pemberian lembar angket rasa ingin tahu, dan tes kemampuan penalaran matematis disetiap akhir siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 8 SMA Negeri 4 Semarang yang berjumlah 36 orang. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata penalaran matematis siswa pada siklus I adalah 67,28. Persentase ketuntasan penalaran matematis siswa pada siklus I adalah 63,89% , sedangkan persentase rasa ingin tahu siswa pada siklus I adalah 81,67%.Untuk siklus II rata-rata penalaran matematis adalah 76,44. Persentase ketuntasan penalaran matematis siswa pada siklus II adalah 80,56%, sedangkan persentase rasa ingin tahu siswa pada siklus II adalah 96,11%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan model Discovery Learning bernuansa Hypnoteaching dapat meningkatkan mathematical reasong dan rasa ingin tahu siswa kelas X MIPA SMA Negeri 4 Semarang.
Article Details
References
Arikunto, S dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.
Brodie, Karin. 2010. Teaching Mathematical Reasoning in Secondary School Classroom. New York: Springer.
Jaya, Novian Triwidia. 2010. Hypnoteaching, Bukan Sekadar Mengajar. Bekasi: D-Brain.
Kemdikbud. 2014. Model Pembelajaran Berbasis Penemuan (Discovery Learning) Di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sd-Ditjen Dikdas.
Sri Zulfa, Femilya. 2014. Pengaruh Penerapan Metode Penemuan Terbimbing terhadap Kemampuan Penalaran Matematis siswa kelas XI IPA SMAN 1 Padang Panjang. Jurnal Pendidikan Matematika 3(3). (Online). (http://ejour¬nal.un¬¬p.ac.id/¬stu-dents/index.php/pmat/article/view/1326/951).
Yustisia, N. 2012. Hypnoteaching: Seni Ajar Mengeksplorasi Otak Peserta Didik. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.