Visualisasi Konsep Matematika dalam Pembelajaran Menggunakan Geogebra
Main Article Content
Abstract
Berdasarkan diskusi dengan beberapa guru matematika di beberapa SMP di wilayah sub rayon 7 kota Semarang, pemanfaatan komputer yang sering diberikan dalam pembelajaran matematika hanyalah penggunaan powerpoint. Namun tak jarang mereka lebih nyaman menggunakan papan tulis, terutama terkait dengan pembelajaran yang memerlukan ilustrasi grafik, guru jarang menggunakan komputer. Oleh karena itu perlu adanya suatu kegiatan pelatihan program aplikasi yang dapat membantu guru dalam memvisualisasikan konsep-konsep matematis. Salah satu aplikasi yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran matematika adalah GeoGebra. Dengan beragam fasiltas yang dimiliki, GeoGebra dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran matematika untuk mendemonstrasikan atau memvisualisasikan konsep-konsep matematis serta sebagai alat bantu untuk mengkonstruksi konsep-konsep matematis. Sehingga pembelajaran matematika menjadi eksploratif dimana siswa pun dapat melihat secara langsung keterkaitan antara representasi analitik dan visual suatu konsep maupun keterkaitan antar konsep-konsep matematika. Kegiatan pengabdian diawali dengan tutorial pemanfaatan geogebra dalam pembelajaran matematika kelas 7 dan 8. Selanjutnya, guru diminta mengembangkan bahan ajar matematika kelas 7 atau 8 yang memanfaatkan geogebra. Tahap akhir adalah kunjungan ke 4 sekolah untuk melihat pemanfaatan geogebra dalam pembelajaran matematika.
Article Details
References
Mahmudi, A., 2011. Pemanfaatan GeoGebra dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: UNY.
Suweken, G., Mahayukti, I. G. A. & Suarsana, I. M. 2013. Pelatihan Program Aplikasi Geogebra Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Keprofesionalan Guru Smp Di Kecamatan Buleleng. Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat: Universitas Pendidikan Ganesha.