OPTIMALISASI KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS DAN PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK KELAS XI MELALUI MODEL PBL
Main Article Content
Abstract
abstrak
Pelaksanaan pembelajaran di sekolah sebagian besar masih menggunakan model pembelajaran langsung dimana guru masih mendominasi kegiatan pembelajaran dikelas sehingga kegiatan eksplorasi pada peserta didik masih sangat kurang.Kurangnya pengelolaan guru dikelas menjadikan peserta didik tidak berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga peserta didik kurang mampu untuk berpikir secara kritis, baik serta logis. Atas dasar tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning (PBL) sebagai alternative mengoptimalkan proses berpikir logis peserta didik sehingga permasalahan yang ada dapat terselesaikan.
Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Subjek Penelitian adalah 34 peserta didik kelas XI IPS 1 SMA N 6 Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Instrument pengambilan data meliputi lembar tes berpikir logis ,lembar observasi, angket, dan wawancara. Analisis data meliputi penyederhanaan data dan deskripsi data.Materi yang terlibat adalah program linear.
Hasil penelitian menunjukan: penerapan PBL siklus 1, rata-rata nilai kemampuan berpikirlogis 71,03dan kategori sikap percaya diri adalah sedang. Penelitian ini belum selesai sehingga harus dilakukan penelitian lanjutan yaitu siklus 2 dan siklus 3 sehingga dapat menyempurnakan hasil penelitian yang telah dilakukan.
Article Details
References
Setiyawan,H.2017.Pembelajaran Matematika Model PBL (Problem Based Learning) Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Luas Bidang Pada Siswa Kelas III SD.Inovasi.XIX(1):9-17. Tersedia di http://fbs.uwks.ac.id/myfiles/files/INOVASI,%20Volume%20XIX,%20Nomor%201,%20Januari%202017/2.%20Artikel%20Hery%20Edit%20hal%208%20-%2018.pdf[diakses 13/06/2017 13:52] diakses pada
Usdiyana,D, Purniati,T, Yulianti,K & Harningsih,E.Pengoptomalan Kemampuan Berpikir Logis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Matematika Realistik.Jurnal Pengajaran MIPA.13(1):1-14. Tersedia di (http://journal.fpmipa.upi.edu/index.php/jpmipa/article/view/300 ) [diakses 09/06/2017 7:55]