Pembelajaran Matematika Berbantuan Alat Peraga Manipulatif Pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Gerakan Literasi Sekolah
Main Article Content
Abstract
Pembelajaran Matematika berbantuan alat peraga manipulatif (APM) tidak hanya bertujuan untuk memfasilitasi siswa dalam menemukan konsep, prinsip atau pengetahuan, namun sekaligus untuk memfasilitasi siswa dalam penguatan pendekatan saintifiknya, bahkan dalam pengembangan sikap atau karakter. Pembelajaran matematika berbantuan alat peraga manipulatif dapat memfasilitasi siswa berpikir tingkat rendah menuju tingkat tinggi (HOTs). Dalam Permendikbud Nomor 22 tahun 2016 dikatakan bahwa karakteristik proses pembelajaran disesuaikan dengan karakteristik kompetensi. Pembelajaran tematik di SD/MI maupun di SMP/MTs disesuaikan dengan tingkat perkembangan siswa. Penggunaan alat peraga manipulative dalam pembelajaran Matematika sebagai variasi pembelajaran yang menyenangkan. Gerakan literasi sekolah (GLS) sebagai upaya yang menyeluruh dan berkelanjutan menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literet sepanjang hayat melalui pelibatan publik. GLS menjadikan sekolah yang menyenangkan dan ramah anak. Pelibatan publik memberikan konstribusi pengambil kebijakan, akademisi, masyarakat, serta dunia usaha dan industry sesuai kompetensi yang dimiliki dan proporsional terhadap implementasi pembelajaran Matematika berbantuan APM dan GLS.
Article Details
References
Diana Putra, IW, Darsana, IW, Surya Manuaba, IB. 2014. Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Media Sederhana Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. Vol: 2 No: 1 Tahun 2014.
Djahir, et all. 2017. Alat Peraga dalam Geometri Ruang (Sumber Belajar Penunjang PLPG 2017, Mata Pelajaran/Paket Keahlian Matematika). Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan: Jakarta
Faizah, D.U, et all. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Sekolah Dasar. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan menengah, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta
Hidayah, I, dkk. 2015. Pengembangan dan Pemasaran Media Pembelajaran Matematika Sekolah. Laporan Penelitian RAPID Tahun Pertama.
Hidayah, I, dkk. 2016. Pengembangan dan Pemasaran Media Pembelajaran Matematika Sekolah. Laporan Penelitian RAPID Tahun Kedua.
Hidayah, I, dkk. 2017. Pengembangan dan Pemasaran Media Pembelajaran Matematika Sekolah. Laporan Penelitian RAPID Tahun Ketiga.
Hidayah, I, dkk. 2003. Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis masalah dengan pendayagunaan Media (Alat bantu Ajar) di SD, SLTP, SMU, dan LPTK. Laporan Penelitian Research grant Program Due-Like Batch 2
Hidayah, I, dkk. 2004. Ujicoba Pembelajaran matematika dengan Menggunakan Alat Peraga Matematika di Sekolah Dasar (di 6 Propinsi). Laporan hasil penelitian kerjasama Universitas Negeri Semarang dengan Direktorat TK-SD Depdiknas
Hidayah, I. 2008. Model Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar dengan Optimalisasi Pemanfaatan Lingkungan dan Alat Peraga Manipulatif sebagai Sumber Belajar. Laporan hasil penelitian Hibah Bersaing.
Hidayah, I & Sugiarto. 2014. The Implementation of Teacher Leadership in Mathematics Learning through A Series of Productive Questions. International Conference on Mathematics, Science, and Education. Unnes, Tanggal: 27 September 2014
Hidayah, I, Sugiarto, S, Sutarto, H. 2013a. Suplemen Panduan Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran Tematik Kompetensi Dasar Matematika Kelas IV. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. Vol 4 (2). Page 115-125
Hidayah, I, Sugiarto, dan Cahyono, A.N. 2013b. Penguatan Tahapan EnaktifIkonik-Simbolik dengan Serangkaian Pertanyaan Produktif sebagai Fondasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik. Laporan Penelitian Hibah Bersaing.
Hidayah, I & Sugiarto. 2015. Diffusion Model of The Manipulatives of The Primary Education Innovative Mathematics Learning. International Conference on Mathem atics, Science, and Education 2015 (ICMSE 2015)
Johar, R. 2012. Domain Soal PISA untuk Literasi Matematika. Jurnal Peluang Vol. 1 (1), Oktober 2012, ISSN: 2302-5158.
Kelly, Catherine A. 2006. Using Manipulative in Mathematical Problem Solving : A Performance Based Analysis. Tersedia di http://www.math.umt.edu/tmme/vol3no2/tmmevol3no2_colorado_pp184_193.pdf
Khoerunnisa ,E, Hidayah, I, Wijayanti, K. 2016. Keefektifan Pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Alat Peraga Mandiri Terhadap Komunikasi Matematis Dan Percaya Diri Siswa Kelas-VII. Unnes Journal of Mathematics Education (UJME). Vol. 5 (1) (2016)
http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme
Kholiqowati, H, Sugiarto, Hidayah, I. 2016. Analisis Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Karakteristik Cara Berpikir Peserta Didik dalam Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik . Unnes Journal of Mathematics Education, [S.l.], v. 5, n. 3, p. 234 - 242, mar. 2017. ISSN 2460-5840. DOI: http://dx.doi.org/10.15294/ujme.v5i3.12493
Musfiqi, S & Jailani. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Matematika yang Berorientasi pada Karakter dan Higher Order Thinking Skill (HOTS). PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 9 (1), Juni 2014, (45-59) Available online at: http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras
Post, T. (1981). The Role of Manipulative Materials in the Learning of Mathematical Concepts. In Selected Issues in Mathematics Education (pp. 109-131). Berkeley, CA: National Society for the Study of Education and National Council of Teachers of Mathematics, McCutchan Publishing Corporation.
Priambodo, A.S, Sugiarto, Cahyono, A.N. 2014. Keefektifan Model Learning Cycle Berbantuan Alat Peraga Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Unnes Journal Of Mathematics Education (UJMe). Vol. 3 (2). Http://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Ujme
Rinayanti, N.L, , Rinda Suardika, I.W, Suadnyana, I.N. 2014. Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbantuan Media Grafis Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus 1 Mengwi Ni Luh Rinayanti1. e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD (Vol: 2 No: 1 Tahun 2014)
Retnaningdyah, P. et all. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Sekolah Menengah Pertama. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan menengah, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta
Sugiarto. 2010. Pengembangan PerangkatPembelajaran Geometri Berbasis Enaktif Ikonik Simbolik (Eis) Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Sekolah Dasar.Tesis: UNNES
Wiedarti, P. et all. 2016. Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementrian Pendidikan dan kebudayaan: Jakarta
Zakaria, F. & Hidayah, I. 2015. Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Ilmiah Berbantuan Lkpd Untuk Meningkatkan Karakter Jujur Dan Pemecahan Masalah Bagi Siswa SMP. Unnes Journal Of Mathematics Education (UJME). Vol. 4 (1). Http://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Ujme