Upaya Meningkatkan Rasa Ingin Tahu dan Prestasi Belajar Berbantukan Lembar Kerja Siswa Lambang Bilangan Romawi Melalui Strategi TANDUR di Kelas IV Sekolah Dasar

Main Article Content

Desi Setiyadi

Abstract

Penelitian ini membahas masalah rendahnya rasa ingin tahu siswa dan prestasi belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu siswa dan prestasi belajar matematika pada materi lambang bilangan romawi berbantuan lembar kerja siswa matematika lambang bilangan romawi melalui strategi TANDUR di kelas IV SD Negeri Mandirancan UPK Kebasen Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Mandirancan dengan total 32 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Pelaksanaan tindakan dilakukan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, skala sikap ingin tahu, dan dokumen. Tes ini digunakan untuk mengukur tingkat pemahaman konsep siswa tentang materi yang telah dipelajari. Pengamatan dilakukan untuk mengamati aktivitas guru dan siswa selama pelajaran menggunakan lembar observasi. Skala sikap rasa ingin tahu dibagi dengan siswa pada akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kenaikan rata-rata keingintahuan siswa pada siklus I 2,76 dan peningkatan pada siklus II adalah 3,31. Pada siklus I diperoleh prestasi belajar mencapai 76,00% dengan nilai rata-rata 72,20 dan meningkat pada siklus II mencapai 88,00% dengan nilai rata-rata 82,2. Kesimpulan dari penelitian ini adalah lembar kerja siswa matematika lambang bilangan romawi melalui strategi TANDUR dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Mandirancan..

Article Details

How to Cite
Setiyadi, D. (2018). Upaya Meningkatkan Rasa Ingin Tahu dan Prestasi Belajar Berbantukan Lembar Kerja Siswa Lambang Bilangan Romawi Melalui Strategi TANDUR di Kelas IV Sekolah Dasar. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 954-962. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21145
Section
Articles

References

Arifin, Z. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Departemen Pendidikan Nasional. (2009). Pedoman Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdikas.
Departemen Pendidikan Nasional. (2009). Pedoman Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdikas.
Deporter, B. & Hernacki, M. (2014). Quantum Teaching. Bandung: Kaifa PT Mizan Pustaka
Fitri, A. Z. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Isjoni. (2010). Cooperative Learning. Bandung : Alfabeta.
Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PR remaja Rosdakarya.
Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar