Analisis Kesalahan Buku Matematika pada Topik Segitiga dan Segiempat Kelas VII Semester II Serta Alternanit Pemecahannya
Main Article Content
Abstract
Fungsi matematika adalah sebagai media atau sarana siswa dalam mencapai kompetensi. Dengan mempelajari materi matematika diharapkan siswa akan dapat menguasai seperangkat kompetensi yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, penguasaan materi matematika bukanlah tujuan akhir dari pembelajaran matematika, akan tetapi penguasaan materi matematika hanyalah jalan mencapai penguasaan kompetensi. Pada proses pembelajaran, guru sering menghadapi beberapa perbedaan pendapat pada materi ajar. Ada perbedaan konsep materinya dan ada pula yang menilai bahwa tidak semua guru harus menyajikan sesuai apa yang ada didalam buku tersebut. Guru bisa menggunakan cara dan konsep lain untuk mengajarkan kepada siswanya. Namun, Guru juga harus menyajikan sesuai acuan yang ada yaitu silabus yang menjadi pedoman dari Kemendiknas. Kesalahan pada buku biasanya dianggap wajar, namun jika tidak dikoreksi lebih teliti biasanya kesalahan itu akan terulang kembali. Buku memiliki fungsi untuk mempermudah siswa dalam mempelajari materi matematika di sekolah maupun ketika mereka belajar di rumah. Kesalahan yang akan dianalisis pada buku matematika ini adalah secara penyajian pada pokok bahasan Segitiga dan Segiempat. Penyajian dan urutan materi yang sesuai akan memudahkan siswa dalam mempelajarinya di rumah sebelum hal itu disajikan oleh Guru di kelas. Maka dengan adanya kesalahan pada buku tersebut Guru dapat mencari buku referensi lain sebagai alternatif pemecahannya.
Article Details
References
[2] Guntur, Tarigan. 1986. Menyimak Sebagai Sesuatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.
[3] Karmawati. 2008. Hakikat Matematika. http: //karmawati-yusuf.blogspot.com/2008/12/1-hakikat-matematika-html.
[4] Maya, Saroh. 2013. Analisis Buku BSE-Matematika Kelas VII. Kajian teori.
[5] Slameto. 2010. Belajar dan Faktor- Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
[6] Tabrani Rusyan dkk. 1996. Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung. Remaja Rosdakarya
[7] Winkel, W. S. 1996. Psikologi Pendidikan Dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.