Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa pada Pembelajaran SSCS dengan Tinjauan Metakognisi

Main Article Content

Nurlaili Tri Rahmawati

Abstract

Artikel konseptual ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana kemampuan berpikir kreatif matematik siswa jika ditinjau dari tingkat kesadaran metakognisinya. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XI SMK. Pembelajaran yang diterapkan yaitu pembelajaran SSCS berbantuan Quipper School. Penelitian ini berawal karena kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI SMK rendah. Hal tersebut dibuktikan oleh hasil uji coba soal yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa hanya 4 orang yang dapat menyelesaikan soal dengan sempurna untuk soal yang tergolong soal open ended.  Oleh karena itu peneliti ingin menerapkan pembelajaran SSCS berbantuan  Quipper School, kemudian kemampuan berpikir kreatif siswa akan diukur dan akan diidentifikasi berdasarkan tingkatan kesadaran metakognisinya. Penelitian ini akan memberikan gambaran apakah tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa mengikuti tingkat kesadaran metakognisinya atau kah tidak.

Article Details

How to Cite
Rahmawati, N. T. (2016). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa pada Pembelajaran SSCS dengan Tinjauan Metakognisi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 150-160. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21448
Section
Articles

References

Amin, I.2015. “Analysis Metacognitive Skills On Learning Mathematics in High school”. International Journal of Education and Research. Vol. 3 No. 3 March 2015.213-222.
Amabile, Teresa M.& Tighe, Elizabeth. (1993). Questions of Creativity. Dalam Brockman, John (ed.). Creativity. The reality Club 4. h. 7-27. New York: Touchstone, Simon & Schuster
Barak, Moses. & Doppelt, Yaron. 2000. Using Portfolio to Enhance Creative Thinking. The Journal of Technology Studies Summer-Fall 2000, Volume XXVI, Number 2. . http://scholar.lib.vt.edu/ejournals. Download 27 Oktober 2015
BSNP. 2006. Standar Isi, Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMK/MAK. Jakarta: BSNP.
Edward, Betty. 1996. The Left and Right Sides of the Brain. http://members.ozemail.com.au. Download 3 Juli 2015
Evans, James R. 1991. Creative Thinking in the Decision and Management Sciences. Cincinnati: South-Western Publishing Co.
Firmansari. 2011. Pengaruh Penerapan Model Search, Solve, Create, and Share (SSCS) terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa SMP dalam Matematika. Skripsi. Bandung: FPMIPA UPI.
Haylock, Derek. 1997. Recognising Mathematical Creativity in Schoolchildren. http://www.fiz.karlsruhe.de/fiz/publications/zdm ZDM Volum 29 (June 1997) Number 3. Electronic Edition ISSN 1615-679X. Download 6 Agustus 2015
Hudojo, Herman. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: JICA-IMSTEP Universitas Negeri Malang.
Houng, E. 2014. “Creative Thinking Abilities:Measures for Various Domains” dalam O’Neil et al (Ed.), Teaching and Measuring Cognitive Readiness. New York: © Springer Science+Business Media New York. Hlm. 208.
Hurlock, Elizabeth B. (1999). Perkembangan Anak Jilid 2. (Alih Bahasa: dr. Med. Meitasari Tjandrasa). Jakarta: Penerbit Erlangga
Irwan. 2011. Pengaruh Pendekatan Problem Posing Model Search, Solve, Create, and Share (SSCS) dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1): 1-13.
Krutetskii, V.A. (1976). The Psychology of Mathematical Abilities in Schoolchildren. Chicago: The University of Chicago Press
OECD. 2014. PISA 2012 Results in Focus What 15-year-olds know and what they can do with what they know. . OECD Publishing.
Olson, Robert W. (1996). Seni Berpikir Kreatif. Sebuah Pedoman Praktis. (Terjemahan Alfonsus Samosir). Jakarta: Penerbit Erlangga
Pehkonen, Erkki.1997. The State-of-Art in Mathematical Creativity. http://www.fiz.karlsruhe.de/fiz/publications/zdm ZDM Volum 29 (June 1997) Number 3. Electronic Edition ISSN 1615-679X. Download 6 Oktober 2015
Pizzini, Edward.L et al. 1988. Rethinking Thinking In the Science Classroom. The Science Teacher: 22-25. Online. Tersedia di http:// acadiau. ca. pdf [diakses 20-12-2012].
Pizzini, E. L. & Shepardson, D. P. 1992. A Comparison of the Classroom Dynamics of a Problem-Solving and Traditional Laboratory Model of Instruction Using Path Analysis. Journal of Research in Science Teaching, 29 (3): 243-258.
Rahmawati, R, dkk. 2015. Keefektifan Penerapan E-Learning-Quipper School Pada Pembelajaran Akuntansi di SMA Negeri 2 Surakarta. Jurnal “Tata Arta” UNS, 1(1): 1-12.
Ruggiero, Vincent R. 1998. The Art of Thinking. A Guide to Critical and Creative Thought. New York: Longman, An Imprint of Addison Wesley Longman, Inc.
Salleh, S.M, et al. 2012. Web-Based Simulation Learning Framework to Enhance Students’ Critical Thinking Skills. International Educational Technology Conference, 64(2012): 372-381.
Silver, Edward A. 1997. Fostering Creativity through Instruction Rich in Mathematical Problem Solving and Thinking in Problem Posing. http://www.fiz.karlsruhe.de/fiz/publications/zdm ZDM Volum 29 (June 1997) Number 3. Electronic Edition ISSN 1615-679X. Download 6 Agustus 2015
Soviawati, Evi. 2011. Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal UPI. Tersedia di http://jurnal.upi.edu/file/9-Evi_Soviawati-edit.pdf [diakses 25-3-2013].
Suherman, Eman dkk. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-Universitas Pendidikan Indonesia.
Taccasu, Project. 2008. Metacognition. (Online).Http://www.careers.hku.hk/taccasu/ref /metacogn.htm., diakses pada tanggal 30 Agustus 2015.
Tatag. 2009. Level of Student’s Creative Thinking in Classroom Mathematics. Educational Research and Review, 6(7).
The Liang Gie (2003). Tehnik Berpikir Kreatif. Yogyakarta: Sabda Persada Yogyakarta
UNDP. 2013. Human Development Report 2013. Online. Tersedia di http://hdr.undp.org/en/statistics/ [diakses 2 Mei 2013].
Wilson, Jeni dan Clark, David. 2004. Toward the Modelling of Mathematical Metacognition. Mathematics Education Research Journal, 2004, Vol. 16, No. 2, 25-48, University of Melbourne.
Young, A. 2010. “Explorations of Metacognition Among Academically Talented Middle and High School Mathematics Students”.Dissertation. UC Berkeley Electronic Theses and Dissertations.