Pola Metakognisi dan Kemampuan pemecahan Masalah Siswa Melalui Think Aloud Pair Problem Solving (TAPPS)

Main Article Content

Muhammad Irham

Abstract

Pemecahan masalah memegang peranan penting dalam pembelajaran matematika. Pelibatan metakognisi dalam pemecahan masalah juga menjadi hal pokok dalam menentukan keberhasilan pembelajaran matematika. Peningkatan kemampuan pemecahan dan metakognisi siswa tidak lepas dari proses pembelajaran yang diterapkan di dalam kelas. Model, teknik ataupun pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran seharusnya berorientasi pada pembelajaran students centered, aktif, saling berinteraksi dan berpaham kontruktivisme yaitu siswa diberikan kesempatan untuk membangun pengetahuannya sendiri. Model pembelajaran Think Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) salah satu model yang mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan metakognisi siswa. Penelitian-penelitian terdahulu menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan dengan TAPPS dengan siswa yang dibelajarkan dengan metode lainnya. Penelitian terdahulu juga menyimpulkan bahwa aktivitas metakognisi siswa bisa dikembangkan melalui pembelajaran TAPPS. Komponen-komponen metakognisi selama pemecahan masalah melalui TAPPS juga dapat dipolakan berdasarkan tingkat kemampuan pemecahan masalah. Siswa dengan kemampuan pemecahan masalah tinggi, mampu menggunakan komponen-komponen metakognisi secara sempurna. Sedangkan siswa dengan kemampuan pemecahan masalah sedang, menggunakan metakognisi dengan tidak sempurna dan tidak mampu mengoptimalkan setiap komponen metakognisi yang digunakan. Begitupun dengan siswa yang mempunyai kemampuan pemecahan masalah rendah, hanya melibatkan beberapa komponen metakognisinya dan tidak optimal.

Article Details

How to Cite
Irham, M. (2016). Pola Metakognisi dan Kemampuan pemecahan Masalah Siswa Melalui Think Aloud Pair Problem Solving (TAPPS). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 161-169. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21449
Section
Articles

References

Anggo, M. 2011. Pelibatan Metakognisi Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Edumatika. 1(1), 25-32.
Arifah, B. 2015. Pola Metakognisi dan Sikap Sosial Peserta Didik Melalui Think-Aloud Pair Problem Solving. Tesis. Program Pascasarjana Pendidikan IPA Konsentrasi Fisika. Semarang: Univ. Negeri Semarang.
Astuti, R. dkk. 2014. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAPPS dan TSTS Terhadap Kemampua Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian. Journal Elektronik Pembelajaran Matematika. 2(4), 399-410.
Flavel, J. H. 1979. Metacognition and Cognitive Monitoring “A New Area of Cognitive-Developemental Inquiry”. American Journal Assosiation. 34(10), 906-911.
Gartman, S. & Freiberg, M. 1993. Metacognition and Mathematical Problem Solving: Helping Students to Ask The Right Question. The Mathematics Educator. 1(6), 9-13.
Jacobse, A. E. & Harskamp, E. G. 2012. Towards Efficient Measurement of Metacognition in Mathematics Problem Solving. Metacognition Learning. 7, 133-149.
Kani, N. H. A. & Sharill, M. 2015. Applying the Thinking Aloud Pair Problem Solving Strategy in Mathematics Lesson. Asian Journal of Management Sciences & Education. 2(4), 20-28.
Kuzle, A. 2013. Patterns of metacognitive during problem Solving in Dynamic Geometry Environment. International Electronic Journal of Mathematics Education – IΣJMΣ. 1(8), 20-39.
Permendiknas. 2006. Tentang Standar Kompetensi Lulusan Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Rahmat, M., Muhadjito., & Zulaikah, S. 2014. Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Strategi Pembelajaran TAPPS Siswa Kelas X SMA. Jurnal Fisika Indonesia. 54(18), 108-112.
Rohman, M. G. 2013. Kefektifan Model Pembelajaran TAPPS Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Unnes Journal of Mathematica Education. 2(1), 1-6.
Schraw, G. 1998. Promoting General Metacognitive Awareness. Intenational Science. 26, 113-125.
Widiyastuti, D. dkk. 2014. Penerapan Strategi Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Dalam Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMPN 11 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika. 1(3), 20-25.
Wilson, J.W., Fernandes, M. L., & Hadaway, N. 1993. Mathematical Problem Solving. Wilson, P. S. (Ed.), Research Ideas, 57-78. NY: Mcmillan.
Yildirim, S. & Ersozlu, Z. N. 2013. The relationship Between Students’ Metacognitive Awareness and Similiar Types of Mathematical Problems. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education. 9(4), 411-415.