Model PBL Berbasis Etnomatematika Berbantuan ICT untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII Materi Bangun Datar
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mengimplementasikan pembelajaran matematika model problem based learning berbasis ethnomathematic berbantuan ICT untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama materi bangun datar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp. Perangkat yang dikembangkan adalah Silabus, RPP, Bahan Ajar, LKS, dan Tes Kemampuan Pemecahan Masalah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Roudhotussaidiyah tahun pelajaran 2015/2016, dengan teknik cluster random sampling, akan dipilih satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas lain sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan untuk memperoleh data yaitu dokumentasi, tes, angket, dan observasi. Diharapkan hasil penelitian nantinya menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran matematika dari perangkat yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif. Secara lebih rinci diharapkan: (1) diperoleh karakteristik perangkat pembelajaran yang dinyatakan valid oleh validator dengan kategori baik untuk silabus, RPP, bahan ajar, LKS, dan TKPM, (2) ketuntasan belajar secara klasikal terpenuhi; kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol; (3) ada pengaruh signifikan minat belajar siswa dan keterampilan pemecahan masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah dan (4) siswa memiliki respon positif terhadap pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan.
Article Details
References
Chakrabarty, Sheila. 2013. “Problem Based Learning: Cultural Diverse Students’ Engagement, Learning And Contextualized Problem Solving In A Mathematics Classâ€. Wcik E-Journal Of Integration Knowledge. E-Issn: 2289-5973. Diunduh 6 April 2015.
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : CV. Pustaka Setia.
Komalasari, K. 2011. Pembelajaran Kontekstual. Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.
Marsound, D. (2005). Improving Math Education in Elementary School : A Short Book for Teachers. Oregon:University of Oregon. [online]. Tersedia http://darkwing.uoregon.edu/.../ElMath.pdf.
National Council of Theacher of Mathematics. 2000. Principles and Stand-dards for school Mathematics. Reston, Virginia: NCTM.
Pitadjeng. 2008. Keefektifan Pembelajaran Berbaris Masalah Bernuansa Jigsaw Berbantuan CD Pembelajaran Materi Pecahan di Kelas IV SD. Pascasarjana Unnes.
Pitadjeng. 2015. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Jakarta:
Departemen Pendidikan Nasional. Dirjen Dikti.
Plomp, T. 1997. Educational Design: Introduction. From Tjeerd Plomp (eds). Educational & Training System Design: Introduction. Design of Education and Training (in Dutch). Utrecht (the Netherlands): Lemma. Netherland. Faculty of Educational Science and Technology, University of Twente.
Ruseffendi, E.T. Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Mengembangkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran. Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Salinan Lampiran Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah
Sani, Ridwan A. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sochima, Unodiaku. 2013. “Effect of Ethno-Mathematics Teaching Materials on Students’Achievement in Mathematics in Enugu Stateâ€. Journal of Education and Practice. 4(23): 70-77 (diunduh 5 Mei 2015).
Suherman, dkk. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.