Penggunaan Metode Representasi Grafik dalam Permasalahan Matematika pada Kehidupan Sehari-hari

Main Article Content

Edwin Purdianta
Philipus Mayditiya Yulianus

Abstract

Pada mulanya Penggunaan Metode Representasi Grafik Dalam Permasalahan Matematika Pada Kehidupan Sehari-hari ini akan dicoba oleh peneliti dengan subjek beberapa siswa SMA kelas X yang peneliti kumpulkan di daerah Minggir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah siswa/peserta didik dapat mengartikan atau mengoperasikan apa yang diminta jika ada permasalahan matematika dan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut tidak hanya terpaku dengan rumus matematika saja tetapi menggunakan cara yang ditemukan oleh siswa dengan cara menggambarkannya. Untuk penelitian ini permasalahan yang akan diangkat adalah permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Sesungguhnya hal ini masih menjadi kesulitan tersendiri bagi siswa/ peserta didik. Pada metode representasi grafik ini siswa masih mengalami kesulitan dalam menangkap dan memberi gambaran pada apa yang diminta atau diperintahkan oleh soal. Artikel yang disusun dengan tujuan mengetahui apakah metode representasi grafik ini berguna untuk memancing imajinasi sehingga tidak hanya terpaku pada rumus matematika saja.

Article Details

How to Cite
Purdianta, E., & Yulianus, P. M. (2016). Penggunaan Metode Representasi Grafik dalam Permasalahan Matematika pada Kehidupan Sehari-hari. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 359-363. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21493
Section
Articles

References

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung:Alfabeta.
http://www.jstor.org/stable/411182598