Keefektifan Pembelajaran PBL Pendekatan Kontekstual pada Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa
Main Article Content
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah merupakan bagian penting dalam pembelajaran matematika, sehingga kemampuan pemecahan masalah perlu dikembangkan dalam pembelajaran matematika. Model PBL pendekatan kontekstual adalah salah satu model yang berpusat pada siswa dan dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui keefektifan pembelajaran PBL pendekatan kontekstual pada pencapaian kemampuan pemecahan masalah siswa, (2) mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa kelompok atas, tengah, dan bawah pada pembelajaran PBL pendekatan kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian campuran bertahap. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Semarang tahun ajaran 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling, dan pemilihan subjeknya menggunakan purposive sampling. Metode yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, tes, angket, dan wawancara. Analisis data menggunakan uji proporsi, uji rata-rata, dan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini diperoleh (1) pembelajaran PBL pendekatan kontekstual efektif pada pencapaian kemampuan pemecahan masalah siswa, (2) dari empat indikator kemampuan pemecahan masalah, siswa kelompok atas mampu menguasai keempatnya, siswa kelompok tengah menguasai tiga indikator, dan siswa kelompok bawah menguasai dua indikator.
Article Details
References
Arikunto, S. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.
Bilgin, I. 2009. The Effects of Problem Based Learning Instruction on University Students’ Performance of Conceptual and Quantitative Problems in Gas Concepts. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 5(2): 153-164.
Dwijanto. 2007. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Komputer terhadap Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kreatif Matematik Mahasiswa. (Disertasi). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
English, M. C. & Kitsantas, A. 2013. Supporting Students Self-Regulated Learning in Problem- and Project-Based Learning. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 7(2): 128-150.
Hobri. 2009. Metodologi Penelitian Pengembangan (Development Research). Jember: Universitas Jember.
Jonassen, D. 2011. Supporting Problem Solving in PBL. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 5(2): 95-119.
Liljedahl, P., Santos-Trigo, M., Malaspina, U., & Bruder, R. 2016. Problem Solving in Mathematics Education. In Problem Solving in Mathematics Education (pp. 1-39). Springer International Publishing (Online). (http://link.springer.com/chapter/10.1007/978-3-319-40730-2_1, diakses 1-8-2016).
Memnun, D. S., L. C. Hart, & R. Akhaya. 2012. A Research on the Mathematical Problem Solving Beliefs of Mathematics, Science and Elementary Pre-Service Teacher in Turkey in terms of Different Variables. International Journal of Humanities and Social Science, 2(24): 172-184.
Moleong, L. J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: Author.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Rifa’i, A. & C. Anni. 2012. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press.
Saputri, M., Dwijanto, & S. Mariani. 2016. Pengaruh PBL Pendekatan Kontekstual Strategi Konflik Kogniitif dan Kemampuan Awal terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Materi Geometri. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(1): 77-83.
Savery, J. R. 2006. Overview of Problem-Based Learning: Definitions and Distinctions. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 1(1): 9-20.
Sockalingam, N. & Schmidt, H. G. 2011. Characteristics of Problems for Problem-Based Learning: The Students’ Persepective. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 5(1): 6-33.
Strobel, J. & van Barneveld, A. 2009 When is PBL More Effective? A Meta-synthesis of Meta-analyses Comparing PBL to Conventional Classrooms. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 3(1): 44-58.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Wena, M. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.