METODE BERVARIATIF DAN ALAT PERAGA TABLE PERKALIAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui penerapan metode bervariatif dan alat peraga table perkalian dapat meningkatkan prestasi belajar matematika tentang soal cerita pada siswa kelas IV SDN Mangunsari kecamatan Gunungpati kota Semarang tahun 2015. Penelitian ini dilakukan pada subjek penelitian siswa kelas IV berjumlah 17, 9 siswa laki-laki, 8 perempuan di SDN Mangunsari UPTD Pendidikan Kecamatan Gunungpati pada Semester II tahun pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Action Risearch ini terdiri dari dua siklus, siklus satu merupakan melalui penerapan metode bervariatif dan alat peraga table perkalian sedangkan siklus dua merupakan tindak lanjut siklus satu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik non tes. Instrument yang digunakan adalah lembar pengamatan dan penilaian. Validasi data menggunakan trianggulasi sumber yang melibatkan teman sejawat, kepala sekolah dan subjek penelitian itu sendiri. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif analisis yang dilanjutkan refleksi. Kesimpulan penelitian sekolah ini adalah melalui penerapan metode bervariatif dan alat peraga table perkalian dapat meningkatkan prestasi belajar matematika tentang soal cerita pada siswa kelas IV SDN Mangunsari kecamatan Gunungpati kota Semarang tahun 2015 sebesar 83,5 % dari rerata 48 menjadi 75.
Article Details
References
Denny Setiawan, dkk (2006) Komputer dan Media Pembelajaran. Jakarta. Universitas Terbuka.
Karso, dkk (1998). Pendidikan Matematika 1. Jakarta. Universitas Terbuka
Suciati, dkk (2004). Belajar dan Pembelajaran 2. Jakarta. Universitas Terbuka
Udin S. Winata Putra, MA, dkk (1997). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta . Universitas Terbuka