MEMBANGUN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN E-LEARNING

Main Article Content

Amidi Amidi
Muhammad Zuhair Zahid

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif matematis adalah kemampuan menemukan solusi bervariasi yang bersifat baru terhadap masalah matematika yang bersifat terbuka secara mudah dan fleksibel, namun dapat diterima kebenarannya. Hal ini selaras dengan karakteristik pembelajaran berbasis masalah yaitu melalui kegiatan kolaboratif, siswa diposisikan sebagai pemecah masalah, mendorong siswa untuk mampu menemukan masalah dan mengelaborasinya dengan mengajukan dugaan-dugaan  dan merencanakan penyelesaian, siswa difasilitasi agar dapat mengekspolarasi berbagai alternatif penyelesaian dan impikasinya serta mengumpulkan dan mendistribusikan informasi, siswa dilatih untuk terampil menyajikan temuan, serta  membiasakan siswa untuk merefleksikan tentang efektivitas cara berpikir mereka dan menyelesaikan masalah. Sehingga pada makalah ini akan dipaparkan bagaimana membangun kemampuan berpikir kreatif matematis dengan pembelajaran berbasis masalah berbantuan e-learning.

Article Details

How to Cite
Amidi, A., & Zahid, M. Z. MEMBANGUN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN E-LEARNING. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 586-594. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21559
Section
Articles

References

Arends, Richard. I. 2008. Learning to Teach. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Darmawan. 2010. Penggunaan Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPS di MI Darrusaadah Pandeglang. Jurnal Penelitian Pendidikan.11(2),106-117
Dwijanto. 2007. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Komputer terhadap Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kreatif Matematik Mahasiswa. (Disertasi). Univeritas Pendidikan Indonesia. Bandung
Hendrawan, C. & Yudhoatmojo, S. B. 2001. Web-Based Virtual Learning Environment: A Research Framework and A Preliminary Assessment in Basic IT Skills Training. MIS Quarterly. (Online). (http://home.business.utah.edu/actme/7410/Piccoli.pdf, diakses 23 Agustus 2016)
Herawati, S. 1994. Penelusuran Kemampuan Siswa Sekolah Dasar dalam Memahami Bangun-bangun Geometri Studi Kasus di KelasVI SD No. 4 Purus Selatan. (Tesis). IKIP Malang. Malang
Huda, C. 2011. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika dengan Model Pembelajaran Treffinger pada Materi Pokok Keliling dan Luas Persegi panjang. (Online). (http://digilib.sunan-ampel.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jiptiain--chotmilhud-9908., diakses 1 September 2016)
Hudojo, H. 1998. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud
Isjoni, Ismail, & Mahmud. 2008. ICT Untuk Sekolah Unggul. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Jazuli, Akhmad. 2009. Berfikir Kreatif dalam Kemampuan Komunikasi Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta
Livne, Nava L. 2008. Enhancing Mathematical Creativity Through Multiple Solution to Open-Ended Problems Online. (Online). (https://www.researchgate.net/profile/Charles_Wight2/publication/228862669.pdf, diakses 21 Agustus 2016)
Lee, Nicoll, & Brooks. 2002. A Comparison of Inquiry and Worked Example Web-Based Instruction Using Physlets. Journal of Science Education and Technology. 13(1),81-88
Made, Wena. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara
Mahmudi, A. 2010. Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Makalah disajikan pada Konferensi Nasional Matematika XV UNIMA. Manado
Munandar, U. 1999. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Grasindo.
Munandar, U. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Pehkonen, Erkki. 1997. The state of art in mathematical creativity. Zentralblatt fur Didaktik de Mathematik, 29(3),63-67
Rusman. 2011. Model-Model pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Grafindo
Siswono, T. Y. E. 2006. Implementasi Teori tentang Tingkat Berpikir Kreatif dalam Matematika. Prosiding Seminar Konferensi Nasional Matematika XIII dan Konggres Himpunan Matematika Indonesia Universitas Negeri Semarang. Semarang
Sudarman. 2007. Problem Based Learning: Suatu Model Pembelajaran untuk Mengem-bangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah. Jurnal Pendidikan Inovatif. 2(2),68-73
Somakim & Azhari. 2013. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa melalui Pendekatan Konstruktivisme di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Banyuasin III. (Online). (http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/viewFile/992/364, diakses 1 September 2016)
Tatang, Herman. 2007. Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Educationist. 1(1), 47-56
Yunianta, T. N. H., Rusilowati, A., & Rochmad. 2012. Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Implementasi Project-Based Learning dengan Peer and Self-Assessment. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 1(2), 81-86
Warsita, B. 2008. Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.