Kecemasan Guru yang Berlatar Belakang Bukan Pendidikan Matematika dalam Mengajar Matematika

Main Article Content

Juhrani Juhrani
Ryan Faisal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecemasan guru yang berlatar belakang bukan pendidikan matematika dalam mengajar matematika, serta cara guru tersebut dalam mengatasi kecemasan saat mengajar matematika. Kecemasan mengajar matematika yang dimaksud dalam penelitian ini meliputi pemahaman konsep matematika dan pengelolaan pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan di MTsN Pandawan, Kalimantan Selatan. Subjek yang diambil adalah guru yang berlatar belakang pendidikan bahasa arab. Data tentang kecemasan mengajar matematika diperoleh dengan teknik wawancara terbuka dan observasi. Metode penelitian deskriptif kualitatif digunakan dalam teknik analisis data. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa kecemasan guru yang berlatar belakang bukan pendidikan matematika dalam mengajar matematika cenderung menurun berdasarkan pengalaman mengajar matematika. Berdasarkan hasil penelitian disimpulan bahwa, (1) kemampuan awal pemahaman konsep matematika guru berlatar belakang bukan pendidikan matematika masih rendah, (2) pengelolaan pembelajaran matematika cukup baik.


 

Article Details

How to Cite
Juhrani, J., & Faisal, R. (2017). Kecemasan Guru yang Berlatar Belakang Bukan Pendidikan Matematika dalam Mengajar Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 72-77. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21563
Section
Articles

References

Gardner, L. & Leak, G. 1994.characteristics and correlates of teaching anxiety among college psychology teachers. Teaching of psychology, 21(1): 28-32
Hudojo, H. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud.
Perker, M. & Ertekin, E. 2011. The Relationshop Betwen Mathematics Teaching Anxiey and Mathematics Anxiety. The educational review 23(1): 213-226
Richardson, F. & Suinn, R.M. 1972. The mathematics anxiety rating scale: psychometric data. Journal of Sounseling Psychology, 19: 551-554
Satrock, J. W. 2007. Psikologi Pendidikan. edisi kedua. Jakarta: PT Kencana Media Group
Suherman, Erman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Trujillo, K.M & Hadfield, O.D. 1999. Tracing the roots of mathematics anxiety through in-deph interviews with preservice elementary teachers. College student journal, 33(2): 219-232
Uusimaki, L., dan Nason, R. 2004. Causes Underlying