Penerapan PBL Dengan Pendekatan RME Berbantuan GeoGebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis
Main Article Content
Abstract
Banyak hasil penelitian menunjukkan bahwa TIK telah terbukti berguna sebagai alat dalam mendukung dan mengubah kegiatan belajar mengajar. Dalam kelas matematika, TIK dapat membantu siswa dan guru untuk melakukan perhitungan, menganalisa data, mendalami konsep matematika untuk meningkatkan pemahaman dalam matematika. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Postest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Taruna Nusantara dengan sampel 29 siswa kelas XI MIPA 10 sebagai kelompok eksperimen dan 31 siswa kelas XI MIPA 1 sebagai kelompok kelas control. Kedua kelompok diberi pretest, pembelajaran melalui model PBL menggunakan GeoGebra untuk kelompok eksperimen dan pembelajaran model PBL tanpa menggunakan GeoGebra untuk kelompok control, serta diakhiri dengan posttest. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan GeoGebra meningkatkan kemampuan berpikir matematis siswa dalam materi Persamaan Lingkaran. Instrument penelitian untuk mengumpulkan data hasil belajar siswa adalah post test berbentuk uraian. Analisis instrument menggunakan AnatesV4, sedangkan untuk analisis data hasil belajar matematika siswa menggunakan Uji-t. Dari hasil uji-t rataan hasil belajar kelas eksperimen berbeda dengan kelas control yaitu nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 86,03. Rata-rata hasil tes berpikir matematis untuk kelompok eksperimen mengalami peningkatan sebesar 5,69 dan untuk kelompok control meningkat sebesar 3,27. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan taraf signifikan 5% dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir matematis kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok control.
Article Details
References
Bhagat,K.K., Chang,C.Y., 2014. Incorporating GeoGebra into Geometry learning-A lesson from India. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 11(1),77-86.
Fazar,I. 2015. Pemanfaatan Aplikasi GeoGebra Dalam Kegiatan Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Atas. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNAPTIKA). Palembang.
H Freudental. 1991.Revishing Mathematic Educations.China Lectures,Dendrecht Kluwer Academic Publishers.
Huang,K & Wang,T ( 2012a ).Applying Problem Based Learning ( PBL ) in University English Translation classes.The journal of Internasional management Studies,7(1),121-127
Huang,K & Wang,T ( 2012b ).Utilizing ( PPL ) in University English Interpretation classes.The journal of Human Resource And Adult Learning,8 ( 1 ), 7 – 15
Patmawati,H. 2016. Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Antara yang Menggunakan Model Discovery Learning dan Problem Based Learning. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (SNMPM). Cirebon.
Saha,R.A., Ayub,S.F.M., & Tarmizi,R.A.,2012. The Effect of GeoGebra on Mathematical Achievement:Enlightening Coordinate Geometry Learning. Procedia_Social and Behavioral Sciences. 8(2012), 686-693.
Shadaan, P., & Eu, L. K. ,2013. Effectiveness of Using Geogebra on Students' Understanding in Learning Circles. The Malaysian Online Journal of Educational Technology, 1(4), 1-11.
Suherman,E . 2003.Individual Textbook,Evaluasi Pembelajaran Matematika,Bandung JICA UPI.
Suherman,E . 2003.Strategi Pembelajaran Matematika Kontomporer.Comman Texbook.Edisi Revisi.Bandung Unversitas Pendidikan Indonesia.
Sukino.2013.Matematika Kelas XI Kelompok Wajib.Erlangga Jakarta.
Treffers,A .1987.Three Dimensions a Model of Goal and Theory Description in Mathematic Education.Dordrecht Reidel.The Wiscobar Project.
Wijaya,Ariyadi.2012.Pendidikan Matematika Realistik:Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika.Graha Ilmu Yogyakarta.
Zengin,Y.,Furkan,H., Kutluca,T., 2012. The effect dynamic mathematics software geogebra on student achievement in teaching of trigonometry. Procedia_Social and Behavioral Sciences. 131(2012), 183-187.