IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PBL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEDISIPLINAN SISWA

Main Article Content

Khozinatul Umuroh
Arief Agoestanto

Abstract

Peraturan Menteri No. 59 tahun 2014 menjelaskan bahwa mata pelajaran matematika diberikan untuk membekali siswa dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, inovatif dan kreatif. Salah satu aspek yang menjadi fokus dalam pelajaran matematika adalah aspek kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis siswa dapat diasah melalui soal konvergen maupun divergen.  Selain itu, kedisiplinan juga berperan penting dalam proses pencapaian hasil belajar yang maksimal. Karakter disiplin membangun siswa agar terbiasa belajar secara tertib dan sistematis. Peningkatan karakter disiplin siswa dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran yang menjadikan siswa sebagai subjek yang dapat mengemukakan ide/pendapat, mau bertanya, dan mengerjakan tugas secara mandiri dan selesai tepat waktu. Salah satu model pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis adalah model PBL (Problem Based Learning). PBL adalah model pembelajaran yang berbasis pada pemecahan masalah sehingga peserta didik akan terbiasa menyelesaikan soal konvergen. Makalah ini berisi sebuah ide penelitian tentang upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kedisiplinan siswa melalui penerapan model pembelajaran PBL.

Article Details

How to Cite
Umuroh, K., & Agoestanto, A. (2017). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PBL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEDISIPLINAN SISWA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 532-538. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21570
Section
Articles

References

Akinoglu, O & R. O. Tandogan. 2007. The Effects of Problem Based Active Learning in Science Education on Students’ Academic Achievement, Atitude and Concept Learning. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 3(1): 71-81. Tersedia di http://www.ejmste.com [diakses 12-7-2016].
Arends, R.I. 2007. Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, S. 2007. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
_________. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ennis, R.H. (2000). An Outline of Goals for a Critical Thinking Curriculum and Its Assessment. Revised version of a presentation at the Sixth International Conference on Thinking at MIT, Cambridge, MA, July, 1994. Online at http://www.criticalthinking.net/goals.html [diakses 6-07-2016].
_________. 2001. Critical Thinking Assasment. Theory Into Pratice. 32(3).
Glazer Evan. 2001. Using Internet Primary Sources to Teach Critical Thinking Mathematics. London : Greenwood Press.
Kemdikbud. 2013. Panduan Penguatan Proses Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
__________. 2015. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomer 53 tahun 2015. Jakarta: Direktur Jendral Peraturan Perundang-undangan.
Longman. (1992). Longman Dictionary Of Applied Linguistics. Diakses dari http://www.gobookee.net/longman-dictionary-of-applied-linguistics/ [diunduh 14-7-2016].
Lunnerburg Fred C. 2011. Critical Thinking and Constructivism Techniques for Improving Student Achievement. National Forum Of Teacher Education Journal. 21(3):2. Tersedia di [http://www.criticalthinking.net/goals.html [diakses 06 Juli 2016].
Rahmawati, N. 2015. Token Economy Sebagai Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II SD Baturseno. Skripsi. Tersedia di http://eprints.uny.ac.id/16551/1/Nimas%20Rahmawati%20S..pdf [diakses 12-7-2016].
Sudiarta, P. 2005. Pengembangan Kompetensi Berpikir Divergen dan Kritis Melalui Pemecahan Masalah Matematika Open-Ended. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja, 38(3): 527-548.
Sukiman. 2008. Teori Pembelajaran Dalam Pandangan Konstruktivisme dan Pendidikan Islam. Jurnal Kependidikan Islam. 3(1): 59-70. Tersedia di http://digilib.uin-suka.ac.id/8586/1/ [diakses 18 Juli 2016].
Tang, L. Y. (2016). On the Cultivation of College Students’ Critical Thinking Based on English Course Model. Journal of Studies in Literature and Language. 12(3): 59-63. Tersedia di http://www. cscanada.net/index.php/sll/article/view /8280 [diunduh 14-7-2016].
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Ulfah, F. 2014. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Dengan LKS Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Logis. Jurnal Derivat. 1(1): 35-43.