DESAIN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS LECTORA DAN PREZI DALAM PEMBELAJARAN MATA KULIAH DASAR-DASAR MATEMATIKA DAN SAINS

Main Article Content

Ismartoyo Ismartoyo
Yuli Haryati
Nurmawati Nurmawati

Abstract

Tujuan akhir penelitian: (1) mampu dihasilkan suplemen materi berupa media multimedia interaktif berbasis lectora dan prezi meliputi 6 bab. (2)Terdapat pengaruh positif penggunaan multimedia interaktif dengan pendekatan matematika realistik terhadap prestasi belajar mahasiswa. (2) Terdapat pengaruh positif penggunaan multimedia interaktif dengan pendekatan matematika realistik terhadap motivasi belajar mahasiswa. (3) Prestasi belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibanding prestasi belajar kelas kontrol. Dari hasil penelitian ini telah dihasilkan suplemen materi meliputi 6 buah bab dengan software lectora dan prezi yang telah divalidasi oleh ahli materi dan media dari UNISSULA dan UPGRIS dengan skor rata-rata 83,5 dan 85,55 yang termasuk kategori layak untuk digunakan dalam proses tutorial. Langkah selanjutnya adalah melakukan implementasi produk multimedia interaktif di pokjar-pokjar kota Semarang.

Article Details

How to Cite
Ismartoyo, I., Haryati, Y., & Nurmawati, N. (2017). DESAIN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS LECTORA DAN PREZI DALAM PEMBELAJARAN MATA KULIAH DASAR-DASAR MATEMATIKA DAN SAINS. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 502-508. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21575
Section
Articles

References

Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
----------. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
----------. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Artianningsih, dkk.2013. Penerapan Mind Mapping Dengan Media Prezi Untuk Meningkatkan Prestasi Dan Partisipasi Belajar Akuntansi.Jupe UNS, Vol 2 , No 1 , Hal 39 s/d 48. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ekonomi/article/viewFile/2625/1846. diunduh pada tanggal 18 Januari 2016.
Daryanto. 2013. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Hamalik, Oemar. 2010. Psikologi Belajar & Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Hamdu, Ghullam dan Lisa Agustina.2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar.Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 12 No. 1, April.Hal 83.http://jurnal.upi.edu/file/8-GhullamHamdu1.pdf diakses pada tanggal 2 Januari 2016.
Karaksha, Abdullah, dkk. 2014. A Comparative Study to Evaluate the Educational Impact of E-Learning Tools on Griffith University Pharmacy Students’ Level of Understanding Using Bloom’s and SOLO Taxonomies. Education Research International.Vol. 2014. Hal 1-11. http://downloads.hindawi.com/journals/edri/2014/934854.pdf diakses pada tanggal 31 Januari 2016.
Khoirudin, Nanang. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Menggunakan Aplikasi lectora Untuk Siswa SMA PadaPokok Bahasan Alat Optik. Jurnal Pendidikan Fisika (2013) Vol.1 No.1 halaman 1 ISSN: 2338 – 0691 April 2013.http://eprints.uns.ac.id/14420/1/1772-3962-1-SM.pdf. diunduh pada tanggal 18 Februari 2016.
Margono, 2010.Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Purwati, Heni. Keefektifan Pembelajaran Matematika Berbasis Penerapan TGT Berbantuan Animasi Grafis Pada Materi Pecahan Kelas IV.http://e-jurnal.upgrismg.ac.id/index.php/aksioma/article/download/57/53. diunduhpada tanggal 17 Februari 2016
Ramdani dan Iwan Dini.2011. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Lectora Sebagai Alternatif Materi Pembelajaran Kimia Organik II.Jurnal Chemica Vo/. 12 Nomor 1 Juni 2011, 44 – 53. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=57865&val=4338. diunduh pada tanggal 18 Februari 2016.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugijono dan M. Cholik Adinawan, 2007.Matematika untuk SMP kelas VII (1A).Jakarta : Erlangga.
Sujatmiko, Ponco. 2010. The Essentials of Mathematics for Grade3 VII of Junior High School and Islamic Junior High School. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Suprijono, Agus. 2014. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Syaiful.2011. Metakognisi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Realistikdi Sekolah Menengah Pertama.Edumatica, Volume 01 Nomor 02 , Oktober 2011,ISSN:2088-2157.http://download.portalgaruda.org/article.php?article=11824&val=870. Diakses pada tanggal 17 Januari 2016
Utari, Yani Putri, dkk. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Online Prezi dalam Pokok Bahasan Alat Optik pada Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 3 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014. Radiasi Vol.5 No.2. September 2014. http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/viewFile/1708/1621. diunduh pada tanggal 8 Februari 2016.
Yensi, Nurul Astuty. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples dengan Menggunakan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas VIII SMP N 1 Argamakmur. Jurnal Exacta, Vol. X No. 1 Juni, ISSN 1412-3617. Hal 24-25. http://repository.unib.ac.id/490/1/04.%20Isi%20vol%20x%202012%20-%20Nurul%20Astuty%20Yensi%20024-035.pdf diakses pada tanggal 16 Januari 2016.