Lesson Study dan Pendekatan Open Ended Bermedia Schoology untuk Meningkatkan Literasi Matematika

Main Article Content

Siti Yuliana Seventika
Crisilia Setiani

Abstract

Tujuan dari artikel ini untuk menggambarkan bagaimana implementasi Lesson Study dan pendekatan Open Ended bermedia Schoology mampu meningkatkan literasi matematika siswa. Literasi matematika adalah kemampuan individu untuk merumuskan, menggunakan dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks di dunia nyata. Pembelajaran yang tidak dilakukan secara kreatif dan inovatif menjadi hambatan untuk meningkatkan kemampuan siswa. Pendekatan Open Ended merupakan model pembelajaran dengan menyajikan masalah yang memiliki metode penyelesaian lebih dari satu, sehingga siswa memperoleh pengalaman menemukan, mengidentifikasi, dan memecahkan masalah dengan beberapa teknik. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan two group pretest posttest design. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas X SMK Yabujah. Sampel diperoleh dengan cara uji normalitas dan homogenitas. Uji T digunakan untuk menguji signifikansi perbedaan hasil posttest. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000 kurang dari 0,05 dan rata–rata kelas eksperimen 76,53 lebih besar daripada rataan kelas kontrol yaitu 58,38, maka dapat disimpukan bahwa Lesson Study dan penerapan Open Ended bermedia schoology dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika pada konten change and relationships.

Article Details

How to Cite
Seventika, S. Y., & Setiani, C. (2017). Lesson Study dan Pendekatan Open Ended Bermedia Schoology untuk Meningkatkan Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 78-87. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21578
Section
Articles

References

Banitt, Justin. 2013. The Effects of Technology Integration on Student Engagement.http://sophia.stkate.edu/maed/7/. Diunduh tanggal 20 September 2016.
Diana, S.T. 2013. From TPACK-in-Action workshops to English classrooms:CALL competencies developed and adopted into classroom teaching. http://lib.dr.iastate.edu/etd/13335/. Diunduh tanggal 19 September 2016.
Fernandez, C., Cannon, J. & Chokshi, S.2003. A U.S. Japan Lesson Study collaboration
reveals critical lenses for examining practice. Teaching and Teacher Education.
http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0742051X02001026 .
diunduh tanggal 23 Maret 2016
Hendayana, S., dkk.2006. Lesson Study: Suatu strategi untuk meningkatkan keprofesionalan pendidik (pengalaman IMSTEP-JICA).
Inprashita, M. 2006. Open Ended Approach and Teacher Education, Tsukuba Journal of
Educational Study in Mathematics, Tsukuba: University of Tsukuba. vol.25. www.human.tsukuba.ac.jp/~mathedu/2514.pdf. Unduh tanggal 26 Maret 2016
Isoda,M. 2010. Lesson Study: Problem solving Approaches in Mathematics Education as Japanese Experiences. http//doi:10.1016/j.sbspro.2010.12.003. Diunduh tanggal 19 Maret 2016.
Juwairiyah, 2009. Profesionalisme Guru melalui Lesson Study. http://sumut.kemenag.go.id. Diunduh tanggal 26 Maret 2016.



Katminingsih, Y. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Pada Pokok Bahasan Pecahan. Cakrawala Pendidikan, 12(2), 292-301.http://scholar.google.co.id/scholar?q=yuni+katminingsih&btnG=&hl=id&as_sdt=0%2C5 . diunduh tanggal 29 Mei 2016.
Melianingsih, N. 2015. Keefektifan Pendekatan Open Ended dan Problem Solving Pada pembelajaran bangun ruang sisi datar di smp. http://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/index. Diunduh tanggal 3 september 2016

Natalja, F.H. 2015. Challenges of eLearning Implementation in Russian Education. files.aiscience.org/journal/article/pdf/70320002.pdf. Diunduh tanggal 21 September 2016.
OECD. 2010. PISA 2012 Mathematics Framework. Paris: OECD Publications. http://www.oecd.org/dataoecd/8/38/46961598.pdf. Diunduh tanggal 19 September 2016.
OECD. 2013a. PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving, and Financial Literacy, OECD Publishing. http://dx.doi.org/10.1787/9789264190511-en
Peterson, Krystal. 2016. A Blended Learning Approach to Increasing Student Achievement in a Sixth Grade Mathematics Classroom Using Flipped Classroom with Tiered Activities. http://sophia.stkate.edu/maed/164/. Diunduh tanggal 19 September 2016.
Stefano, Besana. 2012. Schoology: Il Learning Management System Diventa Social. Online di http://www.schoollibraryjournal.com.article/schoology.html//. Diunduh tanggal 19 September 2016.
Yaclin, M., Aslan, S., & Usta, E. 2012. “Analysis of PISA 2009 Exam According to Some Variables”. Mevlana International Journal of Education, Volume 2 No.1. Hal: 64-71.