Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Integral Melalui Model Pembelajaran Kooperatif “JIGSAWâ€
Main Article Content
Abstract
Inovasi guru guna peningkatan aktivitas dan hasil belajar perlu dilakukan agar pembelajaran efektif , salah satu upaya dengan penerapan model pembelajaran, diantaranya Model Pembelajaran Kooperatif tipe JIGSAW.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses dan hasil belajar di kelas XII IPS 3 pada materi Integral melalui penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe JIGSAW.
Perbaikan proses dan hasil belajar melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK), berpangkal dari permasalahan kurangnya peran serta siswa secara optimal pada pembelajaran sebelumnya, yang berdampak kepada kurang maksimalnya hasil belajar yang diraih siswa pada materi integral. Penelitian Tindakan kelas ini mengikuti alur PTK Supardi, Suharjono yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/pengumpulan data dan refleksi, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII IPS 3 SMA Negeri 1 Gebog Kudus dengan pertimbangan peneliti adalah guru matematika pada kelas tersebut dan di pandang terdapat permasalahan yang perlu diselesaikan.
Hasil pengamatan akhir siklus, tampak peningkatan sbb:, rata-rata hasil belajar siswa 67,41 menjadi 70,16, siswa belum tuntas sebanyak 16 siswa menjadi 12 siswa, prosentase siswa tidak tuntas 50% menurun menjadi 37,5 % dan ketuntasan belajar siswa sebesar 50% meningkat menjadi sebesar 62,5%. Aktivitas siswa dalam pengamatan kegiatan diskusi dan presentasi tampak peningkatan di atas 70%. Untuk aspek yang lain juga mengalami kenaikan. Ada 2 siswa mengalami penurunan aktivitas. Data pendapat siswa bahwa 10 Siswa (31,25% ) sangat senang, 15 siswa merasa senang, 2 siswa merasa biasa saja dan 5 siswa kurang senang.. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan belajar kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar materi integral pada siswa kelas XII IPS 3 SMA Negeri 1 Gebog tahun pelajaran 2014/2015,yang dapat teramati dari: hasil belajar siswa semakin meningkat, aktivitas siswa semakin meningkat, hasil jurnal dan wawancara yang menunujukkan bahwa siswa merasa senang dengan pembelajaran ini.
Article Details
References
Desi Gita Andriani, Tri Atmojo, Mardiyana, 2013. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Ii Dan Think Pair Share Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Siswa Smp Se-Kota Kediri Tahun Pelajaran 2012/2013 Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika ISSN: 2339-1685 Vol.1, No.7, http://jurnal.pasca.uns.ac.id hal 651-661,
Erna Agustina ,Agung Nugroho C.S , Sri Mulyani, 2013, Penggunaan Metode Pembelajaran Jigsaw Berbantuan Handout Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Hidrokarbon Kelas Xc Sma Negeri 1 Gubug Tahun Ajaran 2012/2013 , Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 2 No. 4 Tahun 2013 Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, ISSN 2337-9995 [email protected], 66-71
Khoirul Mustofa, 2013, Pembelajaran Fisika Dengan Cooperative Learning Tipe Jigsaw Untuk Mengoptimalkan Aktivitas Dan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas X-6Sma Mta Surakarta, Jurnal Pendidikan Fisika (2013) Vol.1 No.1, ISSN: 2338 – 0691 halaman 55-63
Karlina, Ina. 2009. Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) sebagai salah Satu Strategi Membangun Pengetahuan Siswa. http://www.sd-binatalenta.com. (Diunduh: 15 April 2009).
Latif, Nurwahyuni. 2008. Meningkatkan Pemahaman Siswa kelas XIIA-1 SMA Muhammadiyah Kendari dalam Belajar Matematika pokok Bahasan Limit Fungsi melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT. http://www.pendidikanmatematika.files.wordpress.com. (Diunduh : 15 April 2009)
Maria Ifa, 2013, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Smk Negeri 3 Boyolangu Pada Standar Kompetensi Menerapkan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja ( K3 ) , Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Email: [email protected] Volume 2 Nomor 2, 715-722
M. A. Hertiavi , H. Langlang, S. Khanafiyah,2010, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Smp, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 6 (2010) , ISSN: 1693-1246 , 53-57
Miftahul Huda, 2015, Model-model Pengajaran dan Pembelajaran Isu isu metodis dan paradigmatic, Jogjakarta, Pustaka Pelajar.
Ning Indah sri rejeki, 2009. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas Viii G Semester 2 Smp Negeri 2 Toroh Grobogan1, JURNAL LEMLIT, Volume 3 Nomer 2 Desember 2009,61-73
Paul Eggen, Don Kauchak,2012, Strategi dan Model Pembelajaran,Jakarta,Indeks
Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudrajat, Akhmat. 2008. Cooperative Learning Teknik Jigsaw . http://akhmadsudrajat.wordpress.com. (Diunduh: 1 Januari 2011)
Sukidin; Basrowi; Suranto. 2008. Manajemen Penelitian Tindakan kelas. Jakarta: Insan cendekia
Supardi, Suharjono, 2013. STRATEGI menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Jogjakarta: Andi Offset
Suwarti , Ch. Muryani , Sarwono, 2015, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Motivasi Belajar Geografi Terhadap Hasil Belajar Geografi Kompetensi Dasar Biosfer Pada Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri Di Purwokerto Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2013 / 2014, Jurnal GeoEco ISSN: 2460-0768 Vol. 1, No. 2 (Juli 2015) Hal. 121 – 135
Yeti Sulastri, Diana Rochintaniawati,2009, Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran Biologi Di Smpn 2 Cimalaka, Jurnal Pengajaran MIPA, Vol. ISSN: 1412-0917 13 No. 1 April 2009,15-21