PEMBELAJARAN SCRAMBLE DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI HIMPUNAN
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa setelah diterapkan pembelajaran scramble dengan pendekatan kontekstual. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Solihiyyah Mranggen Demak tahun ajaran 2016/2017. Sampel yang diambil menggunakan teknik random sampling diperoleh 2 kelas sebagai sampel yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes untuk memperoleh data kemampuan pemecahan masalah. Kelas eksperimen dengan model pembelajaran scramble dengan pendekatan kontekstual mendapatkan nilai yang lebih tinggi dari kelas kontrol dan juga terjadi peningkatan dari nilai pre-test ke post-test. Peningkatan yang paling besar terjadi pada kelas eksperimen dimana terjadi peningkatan dari rata-rata 63,49 menjadi 77,66 sedangkan kenaikan yang terjadi pada kelas kontrol adalah dari rata-rata 64,47 menjadi 71,72. Rata-rata kelas eksperimen mencapai ketuntasan individu dan klasikal; kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Jadi, dari hasil yang didapatkan, dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran scramble dengan pendekatan kontekstual meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.
Article Details
References
Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Isnaeni, et al. 2013. Eksperimentasi Model Scramble dan Snowball Throwing Materi Kubus dan Balok Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal. p://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/download/1021/973.
Karina, et al. 2013. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Luas Permukaan dan Volume Kubus dan Balok. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. 1 (1): 1. (http://kim.ung.ac.id/index.php/KIMFMIPA/article/view/ 3336/3312).
Khotimah, R. P. (2016). Improving Teaching Quality and Problem Solving Ability Through Contextual Teaching and Learning in Differential Equations : A Lesson Study Approach, 1(1), 1–13.
Lestanti, M.M. et al. 2016. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Karakteristik Cara Berpikir Siswa Dalam Model Problem Based Learning. Unnes Journal of Mathematics Education FMIPA UNNES. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme/article/viewFile/3444/3119
Majid, A. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Amerika: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
. . 2003. Program Standards.Programs for Initial Preparation of Mathematics Teachers. 129 Standards for Secondary Mathematics Teachers.
Purwanti, L., Negeri, S. M. P., & Basung, L. (2015). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pembelajaran Kontekstual Di Kelas Viii Smp Negeri 6 Lubuk Basung, I(2), 10–20.
Rakhmawati, T., S. D. Fatmayanti, dan W. Akhidirwanto. 2011. Penggunaan Model Pembelajaran Scramble Untuk Peningkatan Motivasi Belajar IPA (Fisika) pada Siswa SMP Negeri 16 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan. 1 (1) (http://www.scribd.com/ doc/99901936jurnal).
Suherman, E. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: FMIPA UPI.