Analisis Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran PBL dan Pendekatan RME Berbantuan Prezi Presentation pada Materi SPLTV
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan Prezi Presentation dengan siswa yang mengikuti pembelajaran Pendekatan saintifik pada siswa kelas X SMA N 2 Semarang pada materi SPLTV. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan subjek penelitian adalah kelas X-IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA1 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan pembelajaran menggunakan Model pembelajaran Problem Based Learning Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education berbantuan Prezi Presentation, sedangkan kelas kontrol diberikan pembelajaran hanya menggunakan pendekatan saintifik. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar matematika yang kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik uji one sample t tes dan independent sample t test. Hasil analisis uji banding menunjukkan nilai sig 2,1% < 5% sehinggaada perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan Model pembelajaran PBL Melalui Pendekatan RME berbantuan Prezi Presentation dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan saintifik saja. Hasil belajar siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan Model pembelajaran PBL Melalui Pendekatan RME berbantuan Prezi Presentation lebih baik dari pembelajaran melalui pendekatan saintifik.
Article Details
References
Hudojo, Herman. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.Kemendikbud.
I Ketut Latri. 2008. Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dan Penalaran Formal Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Eksperimen di Smp Negeri 2 Amlapura). Skripsi Universitas Negeri Surabaya.
Nurhadi dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual Dan Penerapannya Dalam KBK. Malang.UMPRESS
Pradipta MA , Suadnyana I , Darsana IW. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Hasil Belajar Matematika kelas IV Sekolah Dasar. Singaraja, Universitas Pendidikan Ganesha
Rusmining, S. B. Waluya, and Sugianto. 2014. “Analysis of Mathematics Literacy, Learning Constructivism and Character Education (Case Studies on XI Class of SMK Roudlotus Saidiyyah Semarang, Indonesia)â€. International Journal of Education and Research. Vol. 2 No.8. Hal 331-340.
Santoso, Yusuf. 2013. Pengembangan Modul Berbasis Matematika Realistik Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel SMP Kelas VIII. Skripsi tidak dipublikasikan. IKIP PGRI Semarang.
Sofyan F, Wiryoatmojo S. 2010. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Problem Based Learning dan Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Semarang. Pendidikan Matematika Universitas PGRI
Sri Wahyuni. 2009. Eksperimentasi Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Pada Subpokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa Kelas X SMK Se-Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2008/2009. Tesis: UNS Surakarta
Suyitno, A. 2011. Buku Ajar Dasar-Dasar dan Proses Pembelajaran Matematika 1 (Kode MAT301). Semarang: Unnes.
Tarigan, Daitin. 2006. Pembelajaran Matematika Realistik. Jakarta: Depdiknas, Dirjen Dikti.
Treffers, A. (1987). Three dimensions a model of goal and theory description in mathematics education. Dordrecht: Reidel, The Wiscobas Project.
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berrorientasi Kontruktivis. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Yuwono, I. (2001). Pembelajaran Matematika secara Membumi. Malang: Jurusan Matematika FMIPA UM Malang.