Implementasi Penerapan Kurikulum KKNI Program Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Komputerisasi Ditinjau dari Faktor Usia
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari pengimplementasian kurikulum KKNI pada program studi pendidikan matematika terhadap konsep dan keterampilan komputerisasi ditinjau dari faktor usia. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan matematika di kota Semarang. Sampel diperoleh dengan cara stratified cluster random sampling. Instrumen untuk pengumpulan data adalah tes hasil belajar dan tes keterampilan komputer. Tehnik analisis data menggunakan MANOVA satu jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan hipotesis, hasil dapat disimpulkan terdapat perbedaan di dalam penguasaan konsep dan tidak dapat perbedaan di dalam keterampilan komputerisasi.
Article Details
How to Cite
Aziz, A. (2017). Implementasi Penerapan Kurikulum KKNI Program Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Komputerisasi Ditinjau dari Faktor Usia. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 322-327. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21613
Section
Articles
References
Abdurrahman, M. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Adeyemi, B. 2008. Effects of Cooperative Learning and Problem Solving Strategies on Junior Secondary School Student’s Achievment in Social Studies. Electronic Journal of Research in Educational Psychology, v6,n3, p691 – 708.
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston VA : NCTM
Doymus, K. 2007. Effects of a Cooperative Learning Strategy and Learning Phases of Matter and One-Component Phase Diagarams Journal of Chemical Education. V84,n11, p1857 – 1860.
Joyce, B and Weil, M.. 1992. Model of Teaching ( 4th. ED ). Allyn & Bacon Publisher.
M. Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Zakaria, E., Solfitri, T., Daud Y., & Abidin, Z. Z. 2013. Effect of Cooperative Learning on Secondary School Students’ Mathematics Achievement. Creative Education Scires, 4(2): 98-100. http://www.scirp.org/journal
Adeyemi, B. 2008. Effects of Cooperative Learning and Problem Solving Strategies on Junior Secondary School Student’s Achievment in Social Studies. Electronic Journal of Research in Educational Psychology, v6,n3, p691 – 708.
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston VA : NCTM
Doymus, K. 2007. Effects of a Cooperative Learning Strategy and Learning Phases of Matter and One-Component Phase Diagarams Journal of Chemical Education. V84,n11, p1857 – 1860.
Joyce, B and Weil, M.. 1992. Model of Teaching ( 4th. ED ). Allyn & Bacon Publisher.
M. Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Zakaria, E., Solfitri, T., Daud Y., & Abidin, Z. Z. 2013. Effect of Cooperative Learning on Secondary School Students’ Mathematics Achievement. Creative Education Scires, 4(2): 98-100. http://www.scirp.org/journal