Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Problem Based Learning berbasis Flexible Mathematical Thinking

Main Article Content

Retno Kusuma Ningrum

Abstract

Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) merupakan bentuk realisasi dari integrasi ekonomi negara-negara yang berada dalam kawasan ASEAN. MEA bukan hanya sekedar bertemunya negara-negara ASEAN dalam persaingan ekonomi saja, akan tetapi tantangan terbesar MEA justru berada di sektor jasa dan ketenagakerjaan. Hal ini berarti masyarakat Indonesia harus aktif dan kreatif, membangun citra dan kualitas diri. Salah satu tugas pendidik adalah menyiapkan kompetensi-kompetensi yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam usaha menyiapkan diri untuk menghadapi persaingan ketat di dalamnya. Salah satu kemampuan yang penting untuk dimiliki adalah kemampuan komunikasi, dalam hal ini kemampuan komunikasi matematis. Kemampuan komunikasi matematis dapat dilatihkan kepada siswa dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari termasuk melalui pembelajaran matematika. Pembelajaran dengan menggunakan Problem Based Learning berbasis Flexible Mathematical Thinking diharapkan mampu memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa sehingga kemampuan komunikasi matematis siswa dapat meningkat.

Article Details

How to Cite
Ningrum, R. K. (2017). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Problem Based Learning berbasis Flexible Mathematical Thinking. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 213-222. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21620
Section
Articles

References

Abdullah, N. I., Tarmizi, R. A., & Abu, R. (2010). The Effect of Problem Based Learning on mathematics Performance and Affective Attributes in Learning Statistics at Form Four Secondary Level. Procedia-Social and Behavioral Science 8, 370-376.
Ajai, J. T. & Imoko, I. I. (2015). Gender Differences in Mathematics Achievement and Retention Scores: A Case of Problem-Based Learning Method. International Journal of Research in Education and Science, 1(1), 45-50.
Ali, R., Hukamdad, Akhter, A., Khan, A. (2010). Effect of Using Problem Solving Method in Teaching Mathematics on The Achievement Of Mathematics Students. Asian Social Science, 6(2), 67-72.
Arends, R. I. (2012). Learning to Teach (9th ed.). New York, NY: McGraw Hill Companies, Inc.
Arends, R. I., & Kilcher, A. (2010). Teaching for Student Learning: Becoming an Accomplished Teacher. New York, NY: Routledge.
Awang, H., & Daud, Z. (2015). Improving a Communication Skill Through The Learning Approach Towards The Environment of Engineering Classroom. Procedia-Social and Behavioral Science 195, 480-486.
Baskoro, A. 2015. Peluang, Tantangan dan Resiko bagi Indonesia dengan Adanya Masyarakat Ekonoomi ASEAN. Diambil pada tanggal 28 September 2016 dari : https://goo.gl/QKbimF
Buzan, T. (2001). Power of Creative Inteligence. Toronto, CA: Harper Collins Publishers, Inc.
Cazola, M. (2008). Problem Based Learning and Mathematics: Possible Synergical Actions . ICERI 2008 Proceeding, Valencia, ISBN: 978-84-612-5091-2.
Cheah Ui Hock. (Desember 2007). Conceptualizing a Framework for Mathematics Communication in Malaysian Primary Schools. Makalah disajikan dalam APEC-International Conference III, di Tokyo, Kanazawa dan Kyoto, Jepang.
Duch, B., Groh, S. E., & Allen, D. E. (2001). The Power of Problem-Based Learning: A Practical " How To" Teaching Undergraduate Courses in Any Dicipline. Sterling, VA: Stylus Publishing, LLC.
Elia, I., van den Heuvel-Panhuizen, M., & Kolovou, A. (2009). Exploring strategy Use and Strategy Flexibility in Non-Routine Problem Solving by Primary School High Achievers in Mathematics. ZDM Mathematics Education, 41(1), 605-618.
Heirdsfield, A. M., & Tom J. C. (2002). Flexibility and Inflexibility in Accurate Mental Addition and Substraction: Two case studies. Journal of Mathematical Behavior, 21 (1), 57-74.
Lee, C. (2006). Language for Learning Mathematics: Assessment for Learning in Practice. New York, NY: Open University Press.
Levin, B. B. (2001). Energizing Teacher Education and Professional Development With Problem-Based Learning . Alexandria, VA: Association for Supervision and Curriculum Development.
Marsigit. (Juni 2013). Tantangan dan Harapan Kurikulum 2013 bagi Pendidikan Matematika. Makalah dipresentasikan pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas PGRI Yogyakarta, di Universitas PGRI Yogyakarta
National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
National Council of Teachers of Mathematics. (2009a). Focus in High School Mathematics Reasoning and Sense Making. Reston, VA: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Ontario Ministry of Education. (2005). The Ontario Curriculum Grades 1-8. Diambil pada tanggal 25 Juli 2015 dari http://goo.gl/rge0Ty.
Ontario Ministry of Education (2006). A Guide to Effective Instruction in Mathematics: Kindergarten to Grade 6 Volume Two: Problem Solving and Communication. Diambil pada tanggal 25 Juli 2015 dari http://goo.gl/LCgjGp.
Ontario Ministry of Education. (2010). Capacity Building Series: Communication Mathematics in The Classroom. Diambil pada tanggal 1 Oktober 2015 dari http://goo.gl/gQ1Glu.
Pole, N. 2016. Tantangan dan Manfaat dalam Menghadapi MEA. Diambil pada tanggal 28 September 2016 dari: https://goo.gl/dKWURQ
Pimm, D. (1996). Diverse communication. Dalam P. C. Elliot & M. J. Kenney (Eds.), Communication in Mathematics, K-12 and Beyond. (pp. 11-19). Reston, VA: The National Council of Mathematics, Inc.
Savin-Baden, M., & Major, C. H. (2004). Foundations of Problem-Based Learning. New York, NY: Society for Research into Higher Education & Open University Press.
Siswono, T. Y. E. (2005). Upaya meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pengajuan masalah. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta Tahun X, No.1, Juni 2005, ISSN 1410-1866, 1-9.
Siswono, T. Y. E. (2008). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya: Unesa University Press.
Star, J.R. (2006). Flexilility in The Use of Mathematical Procedure [versi elektronik]. San Diego: American Educational Research Education. Diambil pada tanggal 10 Agustus 2015 dari https://goo.gl/ntCh4N.
Sugiman. (2010). Fleksibilitas Matematik dalam Pendidikan Matematika Realistik. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta, 792-798.
Uden, L., & Beaumont, C. (2006) . Technology and Problem-Based Learning. London, UK: Information Science Publishing.
Van de Walle, J.A. (2007). Elementary and Middle School Mathematics: Teaching Developmentally. (6thed.). Paris: Pearson Education, Inc.
Warner , L. B., Coppolo, Jr., J., & Davis, G. E. (2002). How Does Flexible Mathematical Thinking Contribute to The Growht of Understanding?. Proceedings of the 26th Conference of the Internaional Group for the Psychology of Mathematics Education, U.K., 4, 371-379.
Yusuf, F. M. 2015. Peluang dan Tantangan dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. Diambil pada tanggal 28 September 2016 dari : https://goo.gl/FQvshf.