Jenis-Jenis Kesalahan dalam Menyelesaikan Masalah Statistika Inferensia pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi 2014/2015
Main Article Content
Abstract
Melihat kebutuhan di bangku perkuliahan, statistika dirasa penting dalam membantu mahasiswa Pendidikan Biologi dalam menganalisis percobaan yang mereka lakukan. Selain itu, banyaknya penelitian eksperimen yang dilakukan mahasiswa sebagai syarat kelulusan membuat statistika inferensia perlu diberikan. Oleh karena itu, diperlukan pemahaman yang kuat terkait materi yang mendukung itu semua yaitu statistika inferensia. Dalam penelitian ini, peneliti ingin melihat lebih dalam dan luas pemahaman mahasiswa terkait materi tersebut. Masalah pokok yang diteliti adalah jenis kesalahan dan kecenderungan kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah statistika inferensia. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui jenis kesalahan dan kecenderungan kesalahan yang dilakukan mahasiswa Pendidikan Biologi 2014/2015 dalam menyelesaikan masalah terkait materi statistika inferensia pada mata kuliah Statistika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan instrumen yang digunakan adalah soal ujian akhir. Hasil yang didapatkan terdapat enam jenis kesalahan yang dilakukan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah tersebut. Enam kesalahan tersebut adalah kesalahan dalam merumuskan hipotesis, kesalahan dalam memaknai simbol-simbol, kesalahan konsep, kesalahan keterampilan, kesalahan prosedural dan kesalahan penggunaan rumus. Kesalahan yang cenderung dilakukan adalah kesalahan dalam menentukan hipotesis terutama dalam menyajikan hipotesis ke dalam bentuk matematis dan kesalahan prosedural terutama langkah-langkah dalam menentukan uji yang digunakan
Article Details
References
Walpole, Ronald.E. 1995. Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan Edisi ke-4. Bandung: ITB.
Walpole, Ronald.E. 2012. Probability & Statistics for Engineers & Scientists. Boston: Pearson