Meningkatkan Pemahaman Konsep PLSV dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Timatika MTsN 2 Semarang

Main Article Content

Abdul Ghofur

Abstract

Motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VII-J MTs Negeri 2 Semarang tergolong masih rendah karena model pembelajaran yang diterapkan oleh guru masih kurang variatif sehingga siswa merasa bosan, ini dapat dilihat dari HPTS Gasal tahun pelajaran 2016/2017 adalah 60,4 sementara KKM nya 68. Guna mengatasi permasalahan tersebut diperlukan suatu model pembelajaran yang lebih variatif yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan berbantuan Timatika. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang ditempuh dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas VII-J MTs Negeri 2 Semarang berjumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur pemahaman konsep PLSV siswa berupa tes tertulis uraian, instrumen untuk mengetahui kualitas pembelajaran siswa berupa lembar observasi. Instrumen  angket digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe STAD.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Timatika dapat meningkatkan pemahaman konsep materi PLSV, dari lima tingkat pemahaman (paham seluruhnya, paham sebagian, miskonsepsi sebagian, miskonsepsi, tidak paham) paham seluruhnya pada siklus I indikator pertama hanya 23%, pada siklus kedua naik menjadi 66%. Pembelajaran kooperatif tipe STAD juga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, skor aktifitas siswa dari siklus I sebesar 2,8 meningkat menjadi 3,7 pada siklus II. Rata-rata respon siswa 3,17. Hal ini berarti pada umumnya siswa memberikan tanggapan sangat positif terhadap penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD.

Article Details

How to Cite
Ghofur, A. (2017). Meningkatkan Pemahaman Konsep PLSV dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Timatika MTsN 2 Semarang. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 170-180. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21627
Section
Articles

References

Ahmad, S.Z. 2015. Enhanced Interactive Mathematical Learning Courseware Using Mental Arithmetic for Preschool Children. Springer International Publishing Switzerland. Universiti Teknologi MARA Perlis, Perlis, Malaysia. DOI 10.1007/978-3-319-07674-4_94.
Depdiknas, 2006, Kurikulum KTSP Standar Kopetensi Mata Pelajaran Matematika untuk SMP/MTs, Jakarta.
Dhiasari, Dieta Arti. 2006. Penggunaan Peta Pikiran (Mind Map) Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Skripsi FPMIPA UPI Bandung: Tidak Diterbitkan.
Effendi, Irza. 2009. Penggunaan model pembelajaran Tipe Tems Games Tourtament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Skripsi FPMIPA UPI Bandung : Tidak diterbitkan.
Maryono. 2012. Education Policy Development With Development Strategy Application Of National Test Exercises For Vocational High School Case Study Vocational High School Bina Taruna Masaran Sragen. IJCSI International Journal of Computer Science Issues, Vol. 9, Issue 5, No 1, September 2012 ISSN (Online): 1694-0814 www.IJCSI.org
Russeffendi, ET. 1991. Pengantar kepada Pembantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA, Bandung : Tarsito.
Slavin. 1995. Cooperative Learning : Theory, Research and Practice. Second Edition. Massachusetts : Allyn and Publishers.
Sudjana, N., 2005. Metode statistika. Bandung: Tarsito.
Suherman, E. 2003. Evaluasi Pembelajaran Matematika, Bandung : JICA FPMIPA UPI.
Suherman, Erman, dkk. 2001. Common Textbook Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung : JICA UPI.
Wulan, R. 1996. Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Skripsi FPMIPA UPI. Bandung.
Zubaidah, Siti. 2008. Penerapan Pendekatan Kontekstual dengan Tugas Membuat Peta Pikiran dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Kelas VIII SMP Lab Percontohan UPI. Skripsi. Bandung : tidak diterbtikan