Perbandingan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa Antara Penggunaan Strategi Mind Map dan Concept Map
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbandingan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa antara penggunaan strategi pembelajaran Mind Map dan Concept Map dengan model Think Pair Share (TPS). Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kota Tasikmalaya sebanyak 421 siswa. Sampel terpilih kelas VII C sebanyak 39 siswa sebagai kelas eksperimen I yang menggunakan strategi Mind Map dan VII D sebanyak 34 siswa sebagai kelas eksperimen II yang menggunakan strategi Concept Map. Teknik pengumpulan data dengan cara melakukan tes kemampuan berpikir kreatif matematik. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes kemampuan berpikir kreatif matematik. Teknik analisis data menggunakan uji kolmogorov-smirnov dan menunjukkan H0 diterima, sehingga dari kedua sampel itu tidak berbeda secara signifikan yang berarti kemampuan berpikir kreatif matematik siswa yang menggunakan strategi Mind Map tidak lebih baik daripada yang menggunakan strategi Concept Map.
Article Details
References
Herman, Sylvia Dalistyana. (2015). Perbandingan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Peserta Didik antara yang Menggunakan Model Problem Based Learning dan Model Discovery Learning (Skripsi). Universitas Siliwangi. Tasikmalaya.
Kurniasih, Imas & Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. ________ : Kata Pena.
Ruseffendi, E.T. 1993. Statistika Dasar untuk Penelitian Pendidikan. : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga kependidikan Pendidikan Tinggi.
Romance, Nancy R. and Michael R. Vitae. Tanpa Tahun. Concept Mapping as a Tool for Learning. (Online). (https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwjfnc3CmrjKAhVGC44KHSWcAaUQFggpMAE&url=http%3A%2F%2Fpalmbeachschools.org%2Fec%2Fscience%2Fdocuments%2Fscience_all_concept_mapping_journal_article.pdf&usg=AFQjCNEsuZiHjiGKhszi9jbxifOxzFlQCg&bvm=bv.112064104,d.c2E, diakses 20 Januari 2016)
Said, Alamsyah & Andi Budimanjaya. 2015. 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences. Jakarta: Kencana.
Sumarmo, Utari. 2014. “Berpikir Dan Disposisi Matematik Serta Pembelajarannyaâ€. Bandung: FPMIPA-UPI.
Suprijono, Agus. 2014. Cooperative Learning: Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
The University of Adelaide. (2014). Mind Mapping. (Online). (https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&cad=rja&uact=8&sqi=2&ved=0ahUKEwiTiovWuefKAhVCCY4KHT5WDNsQFggmMAE&url=https%3A%2F%2Fwww.adelaide.edu.au%2Fwritingcentre%2Flearning_guides%2FlearningGuide_mindMapping.pdf&usg=AFQjCNFcE-VkXtFtJcGasitMtrh3c1m6tw&sig2=7y4ynhnOhW5D74E3QjWH1Q&bvm=bv.113370389,d.c2E, diakses 08 Februari 2016)
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.