Integrasi Teknologi Dalam Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa

Main Article Content

Muhammad ‘Azmi Nuha

Abstract

Kualitas pembelajaran di Indonesia masih rendah. Data hasil survey  tiga tahunan PISA tahun 2009 dan 2012 menunjukkan kemampuan membaca matematika siswa Indonesia usia 15 tahun berada pada urutan ke-61 dari 65 negara. Selain itu, masih banyak guru yang tidak ingin menggunakan teknologi pada pembelajaran di kelas. Pengintegrasin teknologi dalam pemebelajaran menjadi penting dalam pembelajaran matematika terutama pada aspek pemecahan masalah. Problem Based Learning adalah model pembelajaran dengan menghadapkan siswa pada masalah yang autentik dan menarik sehingga siswa dapat menyusun pengetahuannya sendiri, menumbuhkembangkan keterampilan pemecahan masalah dan menemukan solusi dari masalah yang diberikan. Problem Based Learning memiliki tahapan-tahapan pembelajaran yang mendukung dalam pemecahan masalah siswa. Selain itu, Problem Based Learning yang dikolaborasikan dengan teknologi akan membuat pemecahan masalah siswa lebih baik.

Article Details

How to Cite
NuhaM. ‘Azmi. (2018). Integrasi Teknologi Dalam Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 146-150. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21634
Section
Articles

References

Amir, M. Taufiq. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Arend, R. 2007. Learning To Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Depdiknas. 2003. UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Hasratuddin. 2013. Membangun Karakter Melalui Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIGMA, 6(2): 130-141. Tersedia di http://digilib.unimed.ac.id/public/UNIMED-Article-29441-Jurnal%20130-141.pdf [diakses 3-2-2015].
National Council of Teachers of Mathematics. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Tersedia di http://www.nctm.org/. [diakses 25-10- 2014]
Polya, G. 1973. How to Solve It. New Jersey: Princeton University Press.
Trianto. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka.
Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer; Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Youngchim, P. Et al. 2015. Development of a Mathematical Problem Solving Diagnostic Method: an Application of Bayesian Networks and Multidimensional Item Respond Theory. Procedia – Sosial and Behavioral Sciences Vol. 191.