Model Pembelajaran Kooperatif Think-Talk-Write (TTW) dan Software Autograph dalam mempersiapkan Pendidik Matematika menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA)

Main Article Content

Maslina Simanjuntak

Abstract

Model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) dapat meningkatkan dan mengembangkan kreativitas siswa dalam berpikir kritis, berkarya dan berkomunikasi secara aktif melalui diskusi kelompok, presentasi. Hal ini meningkatkan kreativitas pendidik matematika dalam merancang pembelajaran matematika sehingga tercipta suasana pembelajaran yang inovatif, menyenangkan di dalam kelas. Think-Talk-Write (TTW) sangat cocok dengan kegunaan dari software Autograph yang juga dapat meningkatkan kreativitas pendidik matematika. Autograph dapat membuat pendidik matematika memiliki kreativitas dalam memperlihatkan keindahan dari matematika. Pengamatan terhadap sin, cos, tan, sec, cosec, cot pada materi koordinat polar dengan menggunakan Autograph pendidik matematika dapat menemukan persamaan kembang api, dalam menggambarkan hiperboloida eliptik berdaun satu, paraboloida hiperbolik pada materi kalkulus lanjut saat mengontrol nilai variablevariabelnya dengan menggunakan Autograph maka akan menghasilkan animasi yang berbeda, dan dapat membuat pendidik matematika menemukan rumus pada materi transformasi (pada refleksi) dengan Autograph. Think-Talk-Write dan Autograph sangat dibutuhkan oleh pendidik matematika dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA) yang menuntut kreativitas dari seorang pendidik matematika.

Article Details

How to Cite
Simanjuntak, M. (2016). Model Pembelajaran Kooperatif Think-Talk-Write (TTW) dan Software Autograph dalam mempersiapkan Pendidik Matematika menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 468-477. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21676
Section
Articles

References

Afriari V, Saragih S. 2012. Peningkatan Pemahaman Konsep Grafik Fungsi Trigonometri Siswa SMK melalui Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Autograph. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 18 (4) 23 Agustus http://www.jurnaldikbud.net/index.ph p/jpnk/article/view/95

Ansari, B. 2009. Komunikasi Matematika. Aceh: Yayasan Pena Banda Aceh Devisi Penerbitan.

Karnasih I, Sinaga M. 2014. Enhancing Mathematical Problem Solving and Mathematical Connection Through the Use of Dynamic Software Autograph in Cooperative Learning Think-Pair-Share (TPS). Jurnal Pendidikan Matematika 17:51-71 21 Agustus http://digilib.unimed.ac.id/qsearch.ph p?txtKey=Cooperative%20learning,% 20Dynamic%20software%20autograp h,%20Mathematical%20problem%20 solving,%20Mathematical%20connec tion,%20Secondary%20school&txtM ode=normal

Risdianto H, Karnasih I. 2014. The Diffrence of Enhancement Mathematical Problem Solving Ability and SelfEfficiency SMA with MA Students IPS Program Through Guided Inquiry Learning Model Assisted Autograph Software in Langsa. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIGMA 6(1): 88 1 September http://digilib.unimed.ac.id/public/UNI MED-Article-29438-Jurnal%2089107.pdf

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Fajar Interpersonal Offset.

Saragih, R. 2010. Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Strategi Belajar ThinkTalk-Write Pada Topik Kaidah Pencacahan Di Kelas XI SMA Negeri 4 Medan Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi S1 UNIMED

Simanjuntak, M. 2012. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Sub Pokok Bahasan Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat dengan Think-Talk-Write (TTW) berbantuan Garis Bilangan 2011/2012. Skripsi S1 UNIMED

Simanjuntak, M. 2014. Peningkatan Kemampuan Representasi dan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Transformasi dengan Think Talk Write (TTW) berbantuan Kartu Domino di Kelas VII SMP Negeri 3 Tebing Tinggi. 2014. Thesis S2 UNIMED

Wangke H. 2014. Peluang Indonesia dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015. Jurnal Hubungan Internasional 4(10):1 21 Agustus http://berkas.dpr.go.id/pengkajian/files/ info_singkat/Info%20Singkat-VI-10-IIP3DI-April-2014-4.pdf
Zainal A, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Yratama Widya