EFEKTIVITAS METODE MNEMONIK DITINJAU DARI DAYA INGAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X TPA SMK N 2 DEPOK SLEMAN

Main Article Content

Yokhanan Ardika
A. Sardjana

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang tidak disukai. Terdapat beberapa hal yang menyebabkan matematika menjadi mata pelajaran yang tidak disukai oleh siswa, salah satunya adalah banyaknya rumus dalam matematika yang harus dipahami dan diingat, dan siswa sering melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal matematika seperti salah menggunakan rumus bahkan lupa rumus. Selain pemahaman konsep yang penting, daya ingat juga dibutuhkan untuk melihat kembali pengetahuan atau pemahaman konsep yang telah dimiliki oleh siswa. Dari kesalahan siswa tersebut, dibutuhkan sebuah cara yang mampu meningkatkan daya ingat siswa sehingga siswa mampu mengingat rumus-rumus yang digunakan dalam matematika dan dapat menggunakannya dengan tepat. Salah satu upaya untuk memperbaiki daya ingat adalah menggunakan metode mnemonik. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui efektivitas penggunaan metode mnemonik yang ditinjau dari daya ingat siswa dalam mengingat rumus-rumus trigonometeri, 2) Mengetahui efektivitas penggunaan metode mnemonik yang ditinjau dari hasil belajar siswa pada materi trigonometri. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif-kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Pemesinan A  SMK N 2 Depok Sleman sebagai kelas eksperimen. Dari hasil penelitian, analisis data dan pembahasan diperoleh simpulan bahwa metode mnemonik efektif untuk pembelajaran trigonometri yang ditinjau dari daya ingat dan hasil belajar siswa.

Article Details

How to Cite
Ardika, Y., & Sardjana, A. (2016). EFEKTIVITAS METODE MNEMONIK DITINJAU DARI DAYA INGAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X TPA SMK N 2 DEPOK SLEMAN. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 499-507. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21681
Section
Articles

References

[1] Joyce, B. 1996. Models of Teaching. Boston: Allyn and Bacon.
[2] Kartika Asmarani. 2013. Efektifitas Metode Mnemonik dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Satu Atap Sluke Pada Mata Pelajaran Sejarah Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
[3] Kartika Budi. 2001. Berbagai Strategi untuk Melibatkan Siswa Secara Aktif dalam Proses Pembelajaran Fisika di SMU, Efektivitasnya, dan sikap Mereka pada Strategi Tersebut. USD: Widya Dharma Edisi April 2011.
[4] M. Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
[5] Solso, Robert L., dkk. 2008. Cognitive Psychology. Psikologi Kognitif. Terjemahan Wibi Hardani. Jakarta: Erlangga.
[6] Suharnan. 2005. Psikologi Kognitif. Surabaya: Srikandi.
[7] Suyono, dkk. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.