PENERAPAN MATEMATIKA GASING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MEMPELAJARI KONSEP PENJUMLAHAM BILANGAN BULAT

Main Article Content

Oryza Zafivani
Hamisa Ameth
Desi Prastika Wulandari
Sulistiawati Sulistiawati
Johannes H. Siregar

Abstract

SD Permata hati Tangerang  merupakan sekolah yang diperuntukkan untuk siswa yang beragama Islam, sekolah swasta yang bernuansa islami ini mempunyai daya tarik tersendiri untuk peneliti. Setelah melakukan observasi awal kepada kepala sekola dan guru kelas untuk melakukan penelitian disekolah tersebut, peneliti diberi kesempatan untuk meneliti pada kelas 4 dikarenakan pada semester II tahun sebelumnya guru kelas kesulitan untuk menyampaikan operasi bilangan bulat positive dan negative. Untuk mengetahui lebih lanjut peneliti melakukan test kemampuan awal (pretest), berdasarkan hal tersebut peneliti menemukan masalah yaitu siswa kesulitan menentukan operasi dan angka. Masih banyak siswa yang belum bisa menjawab soal penjumlahan bilangan bulat dengan benar seperti penjumlahan 2+(-4)=..., 2+...=-5. Dari permasalahan tersebut peneliti menggunakan matematika GASING untuk membantu siswa meningkatkan nilai matematika pada materi penjumlahan bilangan bulat positive dan negative satu angka dengan satu angka. Matematika GASING adalah salah satu cara belajar matematika dengan mudah asyik dan menyenangkan. Selama pembelajaran dengan matematika GASING siswa akan di kenalkan dari suatu yang konkrit kemudian diarahkan kebentuk abstrak dan diharapkan siswa mampu mencongak dengan baik. Dari hasil belajar yang diperoleh, disimpulkan bahwa belajar menggunakan matematika GASING bisa dijadikan alternatif bagi siswa kelas 4A SD Permata hati. Dalam matematika GASING sendiri ada langkah-langkah yang harus dikuasai siswa agar mampu menguasai materi dengan baik yang disebut dengan '' Titik kritis GASING ''. Dalam penelitian ini difokuskan pada titik kritis materi penjumlahan bilangan bulat. Metode penelitian yang digunakan yaitu pre-experimental design  dengan desain penelitian one-group pretest-posttests. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar topik penjumlahan bilangan bulat positive dan negative. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 22 siswa dengan cara purposive sampling.


 

Article Details

How to Cite
Zafivani, O., Ameth, H., Wulandari, D. P., Sulistiawati, S., & Siregar, J. H. (2016). PENERAPAN MATEMATIKA GASING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MEMPELAJARI KONSEP PENJUMLAHAM BILANGAN BULAT. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 661-671. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21687
Section
Articles

References

[1] Dryden, gordon, dan Jeannete Vos, Revolusi Cara Belajar. The Learning Revolution, Kaifa, 2003.


[2] Siregar, H. J. DKK., 2013 , A Learning on The Critical Points For Additions In Matematika GASING In a matriculation Class At STKIP SURYA, IICMA 2013, UGM Yogyakarta.
[3] Surya, Y., 2013, Modul Pelatihan Matematika GASING SD Vol 1, PT Kandel.
[4] Surya, Y. dan Moss, M., 2012, Mathematics Education in Rural Indonesia. Proc. 12 Internasional Congress on mathematics Education : Topic Study Group 30, PP.6223-6229, Seoul.
[5] Wiyanti, W. dan Wahyuningsih, N.S., 2013, Penerapan Matematika GASING (Gampang, Asyik dan Menyenangkan) Pada Materi Penjumlahan Dua Digit Dengan Dua Digit untuk Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Negri Cihuni II Kelapa dua Tangerang, Proc. National Congress on Mathematics Educations : Topic Study Group C, PP. C11-C18, Malang.