Perbandingan Cara Berpikir Mahasiswa JPMIPA FKIP dalam Penyelesaian Masalah Perhitungan Kartu Domino
Main Article Content
Abstract
Pada umumnya, dalam dunia pendidikan banyak alasan yang melatarbelakangi pendidik untuk berpikir bahwa pola pikir anak didiknya sama, tanpa memperhatikan latarbelakang anak didiknya. Banyak model dan metode pembelajaran dibuat agar pendidik mampu menyesuaikan gaya belajar peserta didik, tetapi faktanya anak didik yang menyesuaikan model dan metode pembelajaran dari pendidik. Alasan seperti inilah yang selalu menyebabkan pendidik cenderung berpikir bahwa anak didiknya memiliki pola pikir yang sama. Hal ini menyebabkan timbulnya pertanyaan apakah cara berpikir Mahasiswa JPMIPA FKIP juga sama, khususnya dalam menyelesaikan masalah perhitungan kartu domino. Alasan kami memilih mahasiswa adalah karena pola pikir mahasiswa lebih matang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara berpikir Mahasiswa FKIP JPMIPA dalam menghitung jumlah biji pada satu set kartu domino, dan hasil dari penelitian ini juga bertujuan untuk membantu mahasiswa JPMIPA FKIP untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi pola pikir peserta didiknya. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan metode penelitian kualitatif. Data penelitian dikumpulkan melalui LKS yang didukung dengan observasi langsung, dan wawancara. Kegiatan analisis data dilakukan dengan kategorisasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa ; 1) menghitung kartu domino dapat dilakukan dengan banyak strategi atau setiap orang berpikir dengan cara yang berbeda, 2) Cara berpikir Mahasiswa JPMIPA FKIP dalam menyelesaikan perhitungan kartu domino sesuai dengan pengetahuan.