PENGARUH MATEMATIKA GASING (Gampang, ASyIk, dan menyenaNGkan) PADA MATERI PERKALIAN BILANGAN BULAT TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA MATRIKULASI STKIP SURYA

Main Article Content

Armianti Armianti
Indri Yani
Kartika Widuri
Sulistiawati Sulistiawati

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya peserta matrikulasi yang masih kebingungan dalam konsep operasi bilangan bulat dikarenakan terjadi konflik konsep pemahaman awal yang mereka miliki pada bilangan (matematika dasar seperti penjumlahan, perkalian, pengurangan, dan pembagian bilangan bulat positif). Peserta matrikulasi juga masih cenderung menghafal tanpa tahu makna dari perkalian itu sendiri. Oleh karena itu, digunakan matematika GASING (Gampang, ASyIk, dan menyenaNGkan) menggunakan alat peraga yang dikenal dengan istilah “Gunung Lembahâ€. Proses pembelajaran dengan Matematika GASING diawali dengan memperkenalkan hal yang konkret, kemudian diarahkan ke hal yang abstrak, selanjutnya peserta matrikulasi dilatih untuk mencongak. Pada Matematika GASING ada tahapan yang harus dikuasai peserta matrikulasi agar mampu menguasai materi dengan baik yang disebut dengan '' Titik kritis GASING ''.  Dalam topik perkalian bilangan bulat, titik kritisnya adalah “Peserta matrikulasi mengerti konsep ambil/taruh gunung/lembahâ€. Tahapan untuk mencapai titik kritis tersebut yaitu garis bilangan, operasi bilangan bulat pada garis bilangan, konsep gunung lembah dan tahapan terakhir operasi (perkalian) bilangan bulat dengan konsep ambil/taruh gunung/lembah. Metode penelitian yang digunakan yaitu pre-experimental design  dengan desain penelitian one-group pretest-posttests. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar topik perkalian bilangan bulat. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 18 peserta matrikulasi STKIP Surya tahun ajaran 2015/2016 dengan cara purposive sampling. Hasil dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan pembelajaran Matematika GASING. Selain itu terdapat peningkatan (N-gain) hasil belajar untuk konsep perkalian bilangan bulat tergolong sedang sebesar 0,587.

Article Details

How to Cite
Armianti, A., Yani, I., Widuri, K., & Sulistiawati, S. (2016). PENGARUH MATEMATIKA GASING (Gampang, ASyIk, dan menyenaNGkan) PADA MATERI PERKALIAN BILANGAN BULAT TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA MATRIKULASI STKIP SURYA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 606-613. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21700
Section
Articles

References

[1] Bofferding, L. (2014). Negative integer understanding: Characterizing first graders' mental models. Journal for Research in Mathematics Education, 45(2), 194-245.
[2] Rohayati, Ade. 2008. Handout Mata Kuliah Pembelajaran Matematika. Bandung
[3] Sugiyono. 2010. Metode Penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta
[4] Sundayana, Rostina. 2014. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta
[5] Wiyanti, Wiwik. 2013. Handout Mata Kuliah Statistika Lanjut. Tangerang
[6] Surya, Y. 2013. Modul Pelatihan Matematika GASING SD Bagian 2. Tangerang: PT. Kandel
[7] Wiyanti, W., Wakhyuningsih, N.,S . 2013. Penerapan Matematika GASING pada Materi Penjumlahan Dua Digit dengan Dua Digit untuk Peserta matrikulasi Kelas 1 SD. Prosiding