Penggunaan Media Software Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII.2 SMP Islamic Village Pada Materi SPLDV

Main Article Content

Marini Oktaria
Akhmad Khairil Alam
Sulistiawati Sulistiawati

Abstract

Rendahnya kemampuan representasi matematis siswa menjadi salah satu penyebab rendahnya prestasi belajar matematika siswa. Hal ini diperkuat dengan hasil laporan TIMSS dan PISA yang menunjukkan rendahnya kemampuan matematika siswa Indonesia. Untuk membantu siswa meningkatkan kemampuan representasi matematis digunakan suatu media pembelajaran matematika. Salah satu media pembelajaran matematika yang dapat merepresentasikan model matematika adalah software geogebra. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah software geogebra dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa pada materi SPLDV. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.2 SMP Islamic Village dengan menggunakan teknik purpolsive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental design dengan one group pretest-posttest. Analisis data penelitian ini menggunakan uji non-parametrik Mann Whitney test.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media software geogebra dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV).

Article Details

How to Cite
Oktaria, M., Alam, A. K., & Sulistiawati, S. (2016). Penggunaan Media Software Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII.2 SMP Islamic Village Pada Materi SPLDV. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 633-640. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21703
Section
Articles

References

[1] Provasnik, S., Kastberg, D., Ferraro, D., Lemanski, N., Roey, S., and Jenkins, F. 2012. Highlights From TIMSS 2011: Mathematics and Science Achievement of U.S. Fourth-and Eight-Grade Students in a International Context (NCES 2013-009). National Center for Educations Statistics, Institute of Education Science, U.S. Department of Education. Washington, DC.
[2] OECD. 2010. PISA 2009 results: What Students Know and Can Do-Students Performance in Reading, Mathematics, and Science (Volume 1). http://dx.doi.org/10.1787/9789264091450-en.
[3] Rangkuti, A.N. 2014. Representasi Matematis. Forum Pedagogik, Vol. VI. No. 01 Januari 2014.
[4] Sumarmo, U. 2010. Apa, Mengapa dan bagaimana Dikembangkan Peserta Didik. Makalah. FPMIPA. UPI.
[5] Yazid, A. 2012. Kooperative TTW Strategy Mathematical Representation Ability. Universitas Negeri Semarang. Journal of Primary Education.
[6] Hohenwarter, M., Hohenwarter, J., Kreis, Y., & Lavicza, Z. (2008). Teaching and learning calculus with free dynamic mathematics software GeoGebra. In11th International Congress on Mathematical Education. Monterrey, Nuevo Leon, Mexico.
[7] Wulandari, Rini. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbantuan Geogebra dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) pada Materi Persamaan Lingkaran untuk Siswa Kelas XI. Skripsi. Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
[8] Hohenwarter, M., & Fuchs, K. (2004, July). Combination of dynamic geometry, algebra and calculus in the software system GeoGebra. In Computer Algebra Systems and Dynamic Geometry Systems in Mathematics Teaching Conference.
[9] Astuty, V.W.D. & Rudhito, M.A. 2012. Penggunaan Program Geogebra dalam Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas VIII E SMP N 1 Nanggulan Kulon Progo Pokok Bahasan Grafik Garis Lurus pada Pembelajaran Remedial. Proceeding dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 10 November 2012. Yogyakarta.
[10] Meltzer, D. E. 2002. The Relationship between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gain in Physics: A Possible “Hidden Variable” in Diagnostic Pretest Scores: Department of Physics and Astronomy, Iowa State University, Ames, Iowa 50011.
[11] Santoso, S. 2001. Mengolah Data Statistik Secara Profesioanl. PT. Alex Media Komputindo. Jakarta.