Keefektifan Pembelajaran Matematika Model Learning Cycle 5e Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Kemampuan Koneksi Matematik dan Kerjasama
Main Article Content
Abstract
Kemampuan koneksi matematik merupakan kemampuan yang penting dikuasai oleh siswa sesuai dengan amanat kurikulum 2013. Selain itu kurikulum 2013 mengamanatkan pembelajaran yang mengembangkan kemapuan sikap salah satunya kerjasama. Namun berdasarkan analisis hasil UN siswa SMA N 1 Ngawen kabupaten Blora tahun 2013 terhadap beberapa SKL kemampuan koneksi matematik siswa terbilang rendah. Dari hasil observasi, diperoleh bahwa pembelajaran yang dilaksanakan tidak mendukung terasahnya kemampuan koneksi matematik dan kerjasama. Karena hal itulah diadakan penelitian ini yang bertujuan untuk: (1) mengetahui keefektifan pembelajaran matematika model learning cycle 5E berbantuan media mind mapping terhadap kemampuan koneksi matematik dan kerjasama siswa; dan (2) mengetahui ada tidaknya hubungan antara mind mapping dengan kemampuan koneksi matematik siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen mengunakan posttest-only control design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS SMAN 1 Ngawen tahun pelajaran 2015∕2016. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Variabel bebas penelitian ini adalah pembelajaran model learning cycle 5E berbantuan media mind mapping dan variabel terikatnya adalah kemampuan koneksi matematik siswa. Metode observasi, tes dan dokumentasi digunakan untuk penelitian ini. Analisis data menggunakan uji proporsi, uji beda rata-rata, uji Mann Whitney Utest dan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian: (1) pembelajaran matematika dengan menggunakan model Learning Cycle 5E berbantuan media mind mapping terhadap kemampuan koneksi matematik dan kerjasama siswa efektif; dan (2) terdapat hubungan yang kuat antara mind mapping dengan kemampuan koneksi matematik siswa.
Article Details
References
Argyle, M. 2013. Cooperation the Basis of Sociability. New York: Routledge. Tersedia di http://books.google.co.id [diakses 10-4-2015]
Atmawinata, & D. Kurdiadi. 2007. Pendidikan Kedinasan. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan, bagian IV : Pendidikan Lintas Bidang. Bandung: PT Imperial Bhakti Utama.
Barmby, P. , et. al. 2007. How Can We Assess Mathematical Understanding?. Proceedings of the 31st Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education. Seoul: PME
Brinkmann, A. (2003). Mind Mapping as a Tool in Mathematics Education. The Mathematics Teacher. 96 (2) : 96. Tersedia dihttp://www.optimind. be/blog/wp-content/uploads/2011/07/Mind-mapping-as-a-tool-in-Mathematics- Education-. pdf [diakses 4-9-2015]
BSNP. 2013. Laporan Hasil Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2012/2013. Tersedia di https://www.dropbox.com/s/e23xdw1vht0av3h/DVD%20analisis%20penilaian2013.ar [diakses9-4- 15]
Budiningsih, C. A. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Davies, M. 2010. Concept mapping, mind mapping and argument mapping: what are the differences and do they matter?. Higher Education, 62(3): 279-301. Tersedia di http://link. springer. com/article/10. 1007%2Fs10734-010-9387-6 [diakses 25-8-2015]
Gedviliene, G. 2014. The Case Of Lithuania and Belgium: Teachers And Students’ SocialCompetence. European Scientific Journal, 10(13): 281-294. Tersedia di http://eujournal.org/index.php/esj/article/viewFile/3355/3119 [diakses 6-9-2015]
Gojak, L. M. 2013. Making Mathematical Connection. Tersedia di http://www.nctm.org/News-and-Calendar/Messages-from-the President/Archive/Linda-M_-Gojak/Making-Mathematical-Connections/ [diakses 19-3-2015]
Kasar, J., & E. N. Clark. 2000. Developing Profesional Behavior. USA: SLACK Incorporated
Mendikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2013 TentangKurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kemendikbud.
Mendikbud. 2014. Lampiran III: PMP Matematika SMA. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kemendikbud.
NCTM. 2000. Principles and Standarts for School Mathematics. Reston, VA: NCTM
Nordheimer, Swetlana. 2010. Mathematical connections at school. Understanding and facilitating connections in mathematics. Prosiding: History and Epistemology in Mathematics Education. Vienna: 6th European Summer Unniversity. Tersedia di http://didaktik. mathematik. hu-berlin. de/files/mathematical_connections_1. pdf [diakses 20-01-2015]
Novak, J. D. 2010. Concept Maps as Facilitative Tool in Schools and Corporations. New York: Routledge.
O’connor, R. 2011. The use of mind maps as an assessment tool. Tersedia di http://icep.ie/wp-content/uploads/2012/01/OConnor.pdf [diakses 10-6-2015]
Permana, Y & Sumarmo, U. 2007. Mengembangkan Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematik Siswa SMA Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Educationist, 1 (2): 116-123. Tersedia di http://file. upi.edu/Direktori/JURNAL/EDUCATIONIST/Vol._I_No._2- Juli_2007/6_Yanto_Permana_Layout2rev. pdf [diakses 30-04-2015]
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito
Sugiyono. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulistyotami, M.K. 2011. Upaya Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas VII A SMP N 15 Yogyakarta Melalui Model Pembelajaran Learning Cycle “5Eâ€. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Sumarmo, U. 2010. Berfikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan Pada Siswa. Bandung: UPI
Sumarni. 2014. Penerapan Learning Cycle 5Euntuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematis serta Self-Regulated Learning Matematika Siswa. Tesis. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. Terdedia di http://repository.upi.edu [diakses 18-3-2015]
ThinkBuzan Ltd. n. d. Mind Mapping: Scientific Research and Studies. Tersedia di www.thinkbuzan.com [diakses 8-4-2015]
Tuna A. ,& Kaçar A. 2013. The Effect of 5ELearning Cycle Model In Teaching Trigonometry on Students’ Academic Achievement and The Permanence of Their Knowledge. International Journal on New Trends in education and Their Implication, 4(1):73-87. Tersedia di http://ijonte. org [diakses 03-16-2014]