Pengembangan Model Kerjasama FMIPA UNNES dengan Perguruan Tinggi di Australia

Main Article Content

Zaenuri Zaenuri
Fathur Rokhman

Abstract

Tujuan penelitian adalah menganalisis pengembangan model kerja sama FMPA UNNES dengan Perguruan Tinggi di Australia. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan Borg & Gall (1983). Dalam penelitian dan pengembangan ini dilakukan penyederhanaan langkah, dari sepuluh langkah menjadi tiga tahap, yaitu studi pendahuluan, pengembangan model, dan validasi model. Penelitian ini dilaksanakan di UNNES Semarang dan Queensland Southern University (QSU) Australia. Subjek penelitian adalah dosen dan alumni UNNES yang telah dan sedang menyelesaikan program master dan doktor di QSU Australia. Subjek penelitian yang lain adalah WR 4 UNNES dan staf bidang kerja sama luar negeri. Hasil penelitian menunjukkan MoM yang ditandatangani dekan FMIPA UNNES dengan perwakilan QSU Australia merupakan model kerja sama, yang potensial dikembangkan menjadi MoA dan MoU, yang diakselerasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Article Details

How to Cite
Zaenuri, Z., & Rokhman, F. (2019). Pengembangan Model Kerjasama FMIPA UNNES dengan Perguruan Tinggi di Australia. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 58-63. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/28866
Section
Articles

References

Borg, W.R. and Gill, M.D. (1983). Educational Research: An Introduction. 4th Edition. London: Longman Inc.
D’ Cruz, J and Langford, P. (Eds.). (1990). Issues in Australian Education. Melbourne: Longman Cheshire.
Ingvarson, L. and Chadbourne, (Eds.). (1994). Valuing Teachers Work: New Direction In Teacher Apparaisal. Melbourne: ACER
Isri, S. (2015). “Konsep Pendidikan Jerman dan Australia; Kajian Komparatif dan Aplikatif terhadap Mutu Pendidikan Indonesia”. Jurnal Pendidikan Islam, Vol IV No. 1, hal. 25-63.
www.unnes.ac.id. 14 Pebruari 2012
www.unnes.ac.id. 8 Juni 2017
www.unnes.ac.id. 22 Maret 2018