Meningkatkan Pemahaman Konsep Trigonometri Siswa Kelas XI MIPA 4 SMAN 11 Semarang Melalui Strategi PQ4R Berbantu Kartu Soal

Main Article Content

Ni Putu Eka Widiantari
Kartono Kartono
Ami Ariyani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep trigonometri siswa kelas XI MIPA 4 SMAN 11 Semarang melalui pembelajaran strategi PQ4R  berbantu kartu soal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila memenuhi indikator keberhasilan yakni (1) rata-rata nilai pemahaman konsep trigonometri siswa mencapai minimal 75; (2) Minimal 75% siswa memperoleh nilai pemahaman konsep trigonometri lebih dari atau sama dengan 75. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 4 SMAN 11 Semarang yang terdiri atas 36 orang. Data pemahaman konsep matematika siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes uraian. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pemahaman konsep matematika siswa pada siklus I adalah 80.43 dengan persentase kelulusan 65.71%. Pada siklus II rata-rata nilai siswa mengalami peningkatan mencapai 84.42 dengan persentase kelulusan 77.14%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan strategi PQ4R berbantu kartu soal dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas XI MIPA 4 SMAN 11 Semarang pada materi trigonometri.

Article Details

How to Cite
Widiantari, N. P. E., Kartono, K., & Ariyani, A. (2019). Meningkatkan Pemahaman Konsep Trigonometri Siswa Kelas XI MIPA 4 SMAN 11 Semarang Melalui Strategi PQ4R Berbantu Kartu Soal. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 72-78. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/28873
Section
Articles

References

Abdurrahman, M. (2010). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Arikunto, Suhardjo, dkk. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Beili, Ibrahim. (2012). The Effect of Cooperative Learning with Metacognitive Scaffolding on Mathematics Conceptual Understanding and Procedural Fluency. SPRING. International Journal for Research in Education (IJRE) No. 32
NCTM. (2000). Mathematics Assessment a Practical Handbook for Grade 6 – 8. United State of America: NCTM.
Suherman, dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Sukardi. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara
Trianto. (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Wardhani, S. (2008). Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs Untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. PPPPTK Matematika Yogyakarya