Pengembangan Metode HARUM PALA (Hafalan Rumus Pakai Lagu) pada Siswa Sekolah Menengah Pertama di Balikpapan
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini termasuk dalam kategori Research and Development(R & D) dengan menggunakan model ADDIE yang melibatkan langkah-langkah: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Dalam pelaksanaannya, produk metode pembelajaran HARUM PALA (Hafalan Rumus Pakai Lagu) terlebih dahulu divalidasi oleh 1 ahli strategi pembelajaran, 3 ahli materi, dan 3 praktisi/guru, yang selanjutnya direvisi dan diujicobakan/implementasikan di SMP Negeri 4 Balikpapan, SMP Negeri 7 Balikpapan, serta SMP Patra Dharma 2 Balikpapan. Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, studi dokumentasi, dan angket yang telah divalidasi oleh ahli bahasa dan materi (judgement experts). Pada penelitian ini diperoleh hasil kelayakan ahli strategi pembelaajran dengan persentase 85,45% (layak), ahli materi dengan rata-rata persentase 85% (layak), dan praktisi/guru pada rata-rata persentase 84% (layak). Adapun jika ditinjau berdasarkan ketercapaian pembelajaran siswa, rata-rata siswa pada Uji Coba Skala Kecil sebesar 69,78 dan pada Uji Coba Skala Besar sebesar 75,34, dan sumbangan keberhasilan dari angket tanggapan siswa terhadap produk metode pembelajaran HARUM PALA (Hafalan Rumus Pakai Lagu) pada Uji Coba Skala Kecil maupun Besar menunjukkan persentase di atas 85%. Sehingga, secara keseluruhan, produk metode pembelajaran HARUM PALA (Hafalan Rumus Pakai Lagu) yang dikembangkan dapat dikatakan layak digunakan sebagai metode pembelajaran matematika SMP
Article Details
References
Andriyani. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Segiempat dan Segitiga untuk Siswa SMP Kelas VII. AlphaMathJournal of Mathematics Education, 2(2), hal 65 – 77
Ardipal. (2015). Kembalikan Lagu Anak-anak Indonesia:Sebuah Analisis Struktur Musik. Panggung,Vol. 25 No. 4,,hal 343 – 355
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta : Rineka Cipta
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media
Hadiyanto dkk. (2017). Identifikasi Kesalahan Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Geometri. ResearchGate, hal 332–339, jurnal dipublikasi di https://www.researchgate.net/publication/313040012
Khoiri. (2014). Pemahaman Siswa Pada Konsep Segiempat Berdasarkan Teori van Hiele. Prosiding Seminar Nasional Matematika, Universitas Jember, 19 November 2014, hal 262 – 267
Miranti dkk. (2015). Penggunaan Media Lagu Anak-Anak dalamMengembangkan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Siswa di PAUD. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. II No. 2, hal 167 – 172
Pratama.(2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif (MPI) Berbasis Adobe Flash CS6 Professional pada Materi Aljabar SMP. (Tesis). Malang:, Universitas Muhammadiyah Malang
Putri & Sukartiningsih. (2014). Pengaruh Media Musik Instrumental Terhadap Keterampilan Menulis Puisi. Jurnal PGSD, Vol 2 No 2, hal 1 – 11
Rahayu dkk. (2016). Analisis Kesalahan Koneksi Matematis Siswa dalamMenyelesaikan Masalah Materi Bangun Datar SegiEmpat. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Kanjuruhan Malang, Volume 1 hal 26 – 34
Sanjaya, W. (2012). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup
Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta
Susanti & Rohmah. (2011).Efektivitas Musik Klasik dalam Menurunkankecemasan Matematika (Math Anxiety) pada Siswa Kelas XI. Humanitas, Vol. VIII No.2 , hal 129 - 142
Wiryoatmojo dkk. (2013). Kesalahan Proses Berpikir Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam Memecahkan Masalah Matematika. Prosiding SNMPM Universitas Sebelas Maret, Volume 1, hal 103 – 111
Untari dkk. (2017). Pengembangan Media Lagu Matematika dalam Pembelajaran di Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, Vol 4(1), hal 92-105